Mudah Lho!!! Ini Dia Resep Cireng Bumbu Rujak

Resep

Resep cireng bumbu rujak
- Perlu diketahui, cireng adalah salah satu makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung tapioka. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa.


Selain itu, saat ini seringkali kita temui cireng dijual dalam berbagai macam varian rasa dan bentuk seperti cireng ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju. Bahkan inovasi-inovasi baru yang muncul dengan menggunakan bahan dasar cireng semakin beragam salah satunya cireng bumbu rujak.

 

Jajanan yang satu ini  terbilang cukup populer di beberapa daerah khususnya di tanah Sunda. Apa resep cireng bumbu rujak? Jika kamu penasaran dengan resep olahan murah meriah yang satu ini. Pastikan untuk mengikuti pembahasan yang akan saya bagikan kali ini. Penasaran?Yuk!simak.

Apa bahan-bahan untuk membuat cireng?

Sebelum masuk pada inti pembahasan, tentunya bagi sebagian orang mungkin masih kebingungan dengan apa bahan-bahan untuk membuat cireng. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat cireng itu sendiri yaitu tapioka atau yang yang sering disebut juga dengan nama kanji. Tepung tersebut adalah tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Namun, jika kamu ingin lebih praktis, kamu bisa membeli cireng yang sudah jadi di pasar tradisional, dan lain sebagainya.

Apa sehat makan cireng?

Tentunya, sebelum kita mengkonsumsi sebuah makanan, alangkah baiknya kita benar-benar mengetahui apakah makanan tersebut sehat atau tidak jika kita konsumsi. Perlu kamu ketahui, mengkonsumsi cireng sebenarnya itu baik untuk tubuh tetapi pastikan kamu mengkonsumsinya secara wajar ya. Selain itu, cireng juga tidak memberatkan sistem pencernaan tubuh. Maka dengan demikian, perut akan tetap aman jika kita mengkonsumsi cireng.

Resep Cireng Bumbu Rujak

Untuk membuat cireng bumbu rujak, tentunya perlu mengikuti beberapa langkah-langkah sederhana seperti berikut ini:

Bahan Biang:

      50 gram tepung sagu.

      100 ml air.

 

Bahan:

      13 sdm tepung sagu atau 125 gram.

      1 batang daun bawang yang sudah diiris halus.

      2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan

      ½ sdt garam.

      ¼ sdt merica bubuk.

      ½ sdt kaldu ayam bubuk

      500 ml minyak goreng

 

Bahan Sambal:

      150 gram kacang tanah kulit goreng.

      2 buah cabai rawit merah.

      1 sdt terasi goreng.

      ½ sdt garam.

      100 gram gula merah.

      5 sdm air asam jawa.

Cara Membuat Cireng Bumbu Rujak

Setelah melengkapi beberapa bahan yang dibutuhkan seperti diatas, tentunya langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu mengikuti beberapa tahap untuk membuat cireng bumbu rujak seperti berikut ini:

 

Membuat Biang:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuat biang terlebih dahulu. Untuk membuatnya kamu cukup merebus air hingga mendidih. Setelah itu, campur air yang mendidih tersebut dengan tepung sagu, dan jangan lupa untuk mengaduknya sampai adonan menggumpal.

 

  1. Setelah melalui langkah pertama, langkah selanjutnya tambahkan daun bawang, bawang putih, garam, merica, kaldu, dan daun bawang. Jika semuanya sudah kamu tambahkan jangan lupa untuk mengaduknya hingga merata.

 

  1. Untuk melanjutkan tahap berikutnya, masukan tepung sagu sedikit demi sedikit, jangan lupa untuk mengaduknya hingga adonan kalis. Setelah itu, bentuk sedikit adonan menjadi bulat dan pipihkan hingga membentuk cireng pada umumnya.

 

  1. Jika semua adonan selesai dijadikan bulat-bulat, langkah berikutnya goreng cireng tersebut dan pastikan api yang digunakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Goreng hingga benar-benar matang.

 

Membuat Sambal Rujak:

  1. Untuk membuat sambal rujak, kamu perlu menyiapkan satu buah cobek beserta ulekannya. Jangan lupa untuk memasukan cabai rawit. terasi, garam, gula merah, dan air asam jawa dan ulek beberapa bahan tersebut. Pada tahap ini, kamu bisa menambahkan kacang hingga semua benar-benar tercampur. Setelah itu, masukan sambal tersebut pada sebuah mangkuk kecil atau tempat lainnya.

 

  1. Langkah terakhir, tata cireng yang sudah kamu goreng pada sebuah piring dan jangan lupa untuk menyimpan sambal rujak tersebut.

 

0 Komentar

Posting Komentar