Resep Es Campur Segar yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Es campur segar menjadi salah satu menu andalan untuk berbuka puasa yang disukai oleh masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Rasanya yang manis dan dingin membuatnya mampu membayar rasa haus setelah seharian berpuasa. Apalagi dengan tambahan berbagai isian yang menyegarkan.

Isian seperti buah-buahan, agar-agar hingga biji selasih membuat es campur semakin lezat. Buah-buahan juga menjadikan es campur bukan hanya memiliki rasa manis saja. Namun juga memberikan sensasi rasa lainnya seperti asam sehingga membuatnya lebih segar.


Resep Es Campur Segar dan Cara Membuatnya

Dari dulu es campur memang menjadi primadona masyarakat di Indonesia. Setiap bulan Ramadhan tentunya akan selalu hadir menu berbuka puasa satu ini. Pembuatan es campur sebenarnya juga sangat mudah, jadi Anda bisa mencoba membuatnya sendiri daripada membelinya.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuatnya, beberapa resep es campur berikut mungkin bisa Anda coba. Resep ini sangat mudah dan menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Jadi Anda bisa dengan mudah mengikutinya.

Es Campur Cincau

Pertama kita akan membahas resep es campur cincau. Bahan yang Anda butuhkan yaitu 800-900 gram cincau potong dadu, nangka secukupnya potong dadu dan es batu. Untuk bahan kuah yaitu 500 air, 100 cc santan kental, 100 gram gula jawa sisir, 50 cc susu kental manis dan 3 lembar daun pandan.

Cara membuatnya Anda hanya perlu merebus semua bahan kuah hingga mendidih sambil diaduk. Jika sudah maka matikan api dan masukkan nangka dadu lalu dinginkan. Taruh es batu dan cincau di mangkuk lalu siram dengan kuah dan es campur segar siap dihidangkan.

Es Campur Betawi

Berikutnya kita akan membahas cara membuat es campur Betawi. Bahan utama yaitu 25 gr sagu mutiara yang direbus, 100 gr tapai singkong potong kotak, 100 gr cincau dan 4 nangka potong dadu, 100 gr kolang kaling rebus, 100 gr kelapa muda keruk lebar.

Kemudian 100 gr alpukat keruk lebar, 600 gr es batu, 100 ml susu kental manis, rumput laut matang secukupnya dan 100 ml sirup cocopandan. Untuk kuahnya menggunakan 100 ml susu cair, 100 ml santan, 1/2 sdt garam dan 2 lembar daun pandan.

Cara membuatnya masukkan bahan kuah yaitu santan, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Jika sudah maka campur dengan susu cair dan sisihkan. Campur bahan utama pada wadah lalu beri sirup cocopandan secukupnya dan kuah santan. Es campur segar siap dihidangkan.

Es Campur Jadul

Berikutnya kita akan membahas resep es campur jadul. Bahan utamanya tape singkong, cincau hitam potong dadu, durian, susu kental manis, dan es baru. Untuk bahan jelly siapkan 1 bungkus nutrijell kelapa, 1 sdm pewarna makanan hijau, 50 ml susu kental manis, 100 gr gula pasir dan 400 ml air.

Bahan kuahnya 600 ml air, 130 gr gula jawa, 100 gr gula pasir dan 1 lembar daun pandan. Untuk membuat es campur jadul ini pertama buatlah jelly menggunakan bahan-bahan di atas seperti biasa. Kemudian masak bahan-bahan kuah hingga mendidih, santan di masukkan terakhir setelah mendidih.

Setelah itu masukkan cincau hitam, durian, tape, dan nutrijell potong atau serut ke dalam mangkok. Tambahkan es batu dan susu kental manis secukupnya. Terakhir tuangkan kuah ke dalam mangkok dan es buah siap disajikan.

Demikianlah pembahasan mengenai resep dan cara membuat es campur segar yang lezat. Anda bisa mencoba resep tersebut untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai bahan jualan untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

0 Komentar

Posting Komentar