Gurih Renyah! Resep BAKWAN SAYUR Lengkap Dengan Sambal Kacang

Halo! Selamat datang kembali di blog saya, Resep Masakan Keluarga. Hari ini, kita akan membuat Gorengan Sayur (Bakwan) dengan Sambal Kacang. Gorengan yang renyah namun lembut cocok dipadukan dengan Sambal yang gurih, pedas, dan tajam. Ini juga sangat mudah dibuat. Mari selami bahan-bahannya! 

Gurih Renyah! Resep BAKWAN SAYUR Lengkap Dengan Sambal Kacang


Untuk sayurannya, saya menggunakan kol, wortel, tauge, daun bawang, dan seledri. Tapi, Anda bisa menggunakan apa pun yang Anda suka. Untuk adonannya saya pakai tepung terigu, tepung maizena, tepung beras, dan baking powder (opsional bisa di skip). 


Kami tidak akan menggunakan telur karena membuat Fritter cepat basah. Agar lebih gurih, saya tambahkan santan dan air. Anda dapat melewatkan santan jika Anda tidak punya. Untuk Sambal Kacang, kita membutuhkan kacang goreng, dengan atau tanpa kulit.


Kemudian bawang merah, bawang putih, cabai rawit jika ingin pedas, cabai merah keriting, daun jeruk, gula aren, dan cuka. Kita juga membutuhkan air karena Sambal akan memiliki konsistensi yang lebih encer.


Pertama, kita akan menumis bumbu. Panaskan sedikit minyak, lalu iris bawang putih dan bawang merah. Iris juga cabai merah keriting dan cabai Thailand. Gunakan lebih banyak cabai Thailand untuk membuatnya lebih pedas. Tumis semuanya. Setelah kecoklatan, tambahkan daun jeruk. Kemudian, lanjutkan memasak hingga berwarna kecokelatan.


Matikan api, lalu siapkan blender. Anda juga bisa menggunakan lesung dan halu untuk ini. Tapi, akan lebih praktis dengan blender. Masukkan kacang tanah, air, dan bahan tumis. Haluskan mereka sampai halus. Anda dapat meninggalkan beberapa tekstur, jika Anda suka.


Secara pribadi, saya suka yang halus karena kami akan memasangkannya dengan Fritters. Kalau diblender halus, Sambalnya akan creamy dan lebih cepat matang dibanding yang chunky. Seharusnya terlihat seperti ini. Kemudian, kembalikan ke dalam panci dan tambahkan gula aren dan cuka. Mereka akan membuat Sambalnya tajam dan manis, membuat rasanya semakin kompleks.


Tambahkan juga garam. Sambalnya terlihat terlalu kental, jadi saya akan menambahkan air. Saya akan menambahkan gula untuk mempermanisnya lebih lanjut. Anda juga bisa menambahkan bubuk jamur atau penambah rasa. Hanya perlu dimasak sebentar. Jika Sambalnya chunky, Anda perlu memasaknya lagi


Agar kacangnya tercampur dengan baik ke dalam Sambal bukannya dipisahkan. Berikan rasa. Itu harus manis, tajam, dan gurih. Lalu, sisihkan. Saya akan memanaskan minyak sekarang. Adonan akan sangat cepat dibuat, jadi saya ingin minyaknya siap digunakan. 


Pertama, iris sayuran. Saya akan mengiris kubis dan mencukur wortel. Iris daun bawang dan seledri. Pastikan Anda menggunakan secukupnya agar rasanya tidak hambar. Saya menggunakan cukup banyak dari mereka. Kami akan menggunakan tauge apa adanya.


Siapkan mangkuk besar. Kemudian, tambahkan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, dan baking powder. Baking powder adalah opsional, tetapi akan membuat adonan lebih ringan. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk atau penguat rasa atau MSG, dan gula. Saya mencampurnya dengan tangan saya karena mangkuknya tidak cukup besar. 


Anda juga bisa menggunakan sendok. Untuk tepung beras dan tepung maizena, Anda bisa menggunakan keduanya, atau melewatkannya sama sekali. Tepung beras akan membuat Fritters renyah. Tepung jagung akan membuatnya lebih lembut di dalam dan garing di luar. Campurkan dengan bahan kering terlebih dahulu agar nantinya bisa tercampur lebih merata. 


Kemudian, tambahkan cairan santan dan air. Campur dengan baik. Selain bahan, konsistensi adonan juga harus diperhatikan untuk membuat gorengan yang renyah. Pasti agak tebal. 


Pertama, karena sayuran akan mengeluarkan air saat digoreng. Itu sebabnya konsistensi adonan perkedel dan tempe goreng berbeda. Adonan untuk Fritters harus lebih kental karena kami menggunakan banyak sayuran.


Kedua, jika adonan Fritters terlalu encer, sayuran tidak akan terlapisi dengan baik sehingga bisa gosong saat digoreng. 


Terakhir, hasilnya akan menyerap terlalu banyak minyak jika adonan terlalu encer. Anda dapat membentuk Fritter sesuka Anda. Bisa lebih tebal, tapi saya lebih suka yang lebih tipis. Seharusnya tidak setipis kertas. Goreng dalam minyak panas agar hasilnya tidak kental. Setelah mulai kecokelatan, kecilkan apinya, agar bagian luarnya benar-benar renyah dan memberikan aroma sayuran goreng.


Pada fritters goreng tidak bisa salah, renyah di luar dan harum dari sayuran goreng, bagian dalamnya masih empuk, dan gurih karena santannya, anda bisa menyajikannya dengan cabai Thailand, tapi juga cocok dengan Sambal Kacang seperti ini. Tapi, Sambal Kacangnya jangan terlalu kental. Rasanya agak encer, harum, gurih, manis, tajam, dan kompleks.


Fritters akan menyerap Sambal jika Anda menuangkannya, memberikan sensasi makan yang berbeda. Cobalah. Baiklah kalau begitu. Terima kasih telah membaca, bagikan, ikuti, dan komen jika sudah recook. Stay tune dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

0 Komentar

Posting Komentar