Es Dawet Durian Jadi Minuman Berbuka yang Lezat, Ini Cara Buatnya!

Es dawet durian menjadi pilihan menu berbuka puasa yang lezat. Seperti sunnah yang diajarkan, sebaiknya berbuka puasa Ramadhan dengan makanan atau minuman yang manis terlebih dahulu.

Apabila Anda merasa bosan dengan minuman es yang itu-itu saja, maka bisa mencoba untuk membuat minuman satu ini. Terutama jika Anda merupakan seorang pecinta durian, sudah pasti ini menjadi surga ketika berbuka puasa.



Rasanya yang manis karena perpaduan dari durian, serta teksturnya yang tidak biasa membuat es satu ini menjadi menu berbuka yang lezat dan menarik. Tidak perlu pusing mencarinya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara ini!

Cara Membuat Es Dawet Durian

Memasuki bulan Ramadhan, maka umat muslim di seluruh dunia melaksanakan puasa satu bulan penuh. Di Indonesia sendiri, ada berbagai makanan takjil untuk berbuka puasa yang sangat khas.

Salah satu yang sedang populer saat ini adalah es dawet dengan durian. Minuman satu ini menjadi dambaan bagi para pecinta durian yang telah berpuasa satu hari penuh.

Dijamin dengan mengkonsumsi es ini, maka tubuh akan langsung terasa segar. Adapun ketenaran dari es dawet dengan campuran durian ini karena rasanya yang begitu lezat. Rasa manis yang menyegarkan membuatnya cocok untuk menjadi menu berbuka puasa.

Anda bisa membuat resep es dawet durian secara mandiri di rumah. Selain untuk kebutuhan pribadi, ini juga bisa menjadi salah satu ide bisnis selama Ramadhan karena pasti akan banyak peminatnya.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Para pecinta durian pastinya akan sangat tertarik untuk mencoba menu berbuka satu ini. Agar bisa mendapatkan es yang lezat, maka Anda tentunya membutuhkan bahan-bahan yang berkualitas juga.

Berikut ini bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • 250 gr tepung beras
  • 100 gr tepung sagu aren atau satu tani
  • 900 ml air putih biasa
  • 3 sdm air kapur sirih
  • 1/8 sdt garam
  • Air matang secukupnya

Bahan untuk sirup:

  • 400 gr gula merah
  • 200 ml air

Bahan Pelengkap untuk es:

  • 10 butir nangka yang dipotong kecil-kecil
  • Tape ketan putih
  • 5 butik durian
  • 1 liter santan yang sudah matang
  • Es batu secukupnya, sesuai selera

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga bisa menambahkan beberapa buah sesuai selera, seperti misalnya alpukat. Untuk durian, sebaiknya pilih durian medan atau montong yang memang sudah terkenal lezat.

Langkah Pembuatan

Setelah bahan-bahan sudah tersedia, berikut ini cara pembuatan es dawet durian:

  1. Buat adonan untuk cendol tersebih dahulu dengan mencampurkan tepung beras dan juga tepung sagu aren dengan beberapa liter air.
  2. Buat larutan garam yang berasal dari campuran garam dan air, kemudian masak hingga mendidih.
  3. Larutkan campuran tepung, kecilkan api dan aduk hingga adonan mengental.
  4. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah membuat siup untuk rasa manis. Anda hanya perlu mencampurkan gula merah dengan air secukupnya, kemudian masak hingga mencair.
  5. Apabila gula merah telah mencair, tiriskan dan saring agar lebih halus.
  6. Siapkan campuran air matang dengan es batu di dalam satu wadah. Setelah itu,di bagian atasnya letakkan cetakan cendol.
  7. Buatlah cetakan cendol yang sudah mengental, kemudian urut atau tekan-tekan dengan sendok dari agar keluar dari cetakan dan jatuh ke dalam wadah air es.
  8. Ketika semua cetakan cendol telah selesai, diamkan kurang lebih 1 jam.
  9. Langkah terakhir adalah menyajikan cendol dengan tape, nangka, durian, dan toping lainnya. Setelah itu siram gula merah, santan, dan jangan lupa berikan es batu.
Es dawet durian merupakan minuman yang cocok untuk berbuka puasa. Akan tetapi, rasanya yang manis membuat penderita diabetes harus berhati-hati.

0 Komentar

Posting Komentar