Resep RAWON KHAS JAWA TIMUR, Dijamin Ketagihan!

Resep RAWON KHAS JAWA TIMUR, Dijamin Ketagihan!

Rawon Paket Lengkap 

Apakah Anda pernah mencicipi rawon? Jika belum, Anda pasti ketinggalan banyak! Rawon adalah masakan khas Jawa Timur yang menggoda selera dan menghadirkan citarasa yang unik dan menggugah selera. Dengan kuah yang pekat berwarna hitam legam, rawon memiliki rasa yang lezat dan dijamin akan membuat Anda ketagihan!


Apa Itu Rawon?

Sebelum kita memasuki resepnya, mari kita kenali lebih dekat apa itu rawon. Rawon adalah salah satu hidangan khas Jawa Timur, Indonesia. Biasanya disajikan dengan nasi putih, tauge, dan telur asin sebagai pelengkapnya. Yang membuat rawon begitu istimewa adalah kuahnya yang berwarna hitam pekat. Warna ini berasal dari bumbu khas, salah satunya adalah kluwek yang memberikan rasa yang begitu khas dan lezat.


Sejarah Singkat Rawon

Rawon memiliki sejarah yang kaya dan panjang. Konon, hidangan ini telah ada sejak abad ke-15, di zaman Kerajaan Majapahit. Namun, cerita mengenai asal usulnya masih simpang siur dan dikelilingi oleh legenda. Meskipun begitu, satu hal yang pasti, rawon telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Jawa Timur dan dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu hidangan terbaik dari Indonesia.


Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak rawon, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang akan Anda perlukan untuk membuat rawon khas Jawa Timur:


Daging sapi (pilih yang bagian sandung lamur) - 500 gram

Air kelapa - 500 ml

Air bersih - 1 liter

Serai - 2 batang, memarkan

Daun salam - 3 lembar

Lengkuas - 2 cm, memarkan

Garam - 2 sendok teh (sesuai selera)

Gula merah - 1 sendok makan, sisir halus

Air asam jawa - 2 sendok makan

Minyak goreng - 2 sendok makan, untuk menumis

Bawang merah - 5 siung

Bawang putih - 3 siung

Cabai merah - 5 buah (sesuai selera)

Cabai rawit - 3 buah (sesuai selera)

Kluwek - 5 butir, rendam dengan air panas

Kunyit - 2 cm

Kemiri - 3 butir

Ketumbar - 1 sendok teh

Jinten - 1/2 sendok teh

Pala - 1/4 sendok teh

Merica - 1/2 sendok teh


Cara Memasak Rawon

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasak rawon yang lezat dan menggoda selera:


1. Menyiapkan Bahan dan Bumbu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan sesuai daftar di atas. Bersihkan daging sapi dan potong-potong sesuai selera. Kemudian, haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kunyit, kemiri, ketumbar, jinten, pala, dan merica dengan menggunakan blender atau cobek hingga membentuk pasta halus.


2. Merebus Daging Sapi

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam panci besar dan tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Masukkan potongan daging sapi dan aduk rata hingga daging berubah warna. Tambahkan air kelapa dan air bersih ke dalam panci, lalu biarkan mendidih.


3. Menambahkan Kluwek

Setelah mendidih, tambahkan kluwek yang telah direndam ke dalam panci. Kluwek akan memberikan warna hitam pekat khas pada kuah rawon. Aduk rata dan biarkan daging sapi matang dengan api kecil hingga empuk dan bumbu meresap sempurna.


4. Memberi Rasa dengan Gula Merah, Garam, dan Air Asam Jawa

Tambahkan gula merah, garam, dan air asam jawa ke dalam panci. Aduk perlahan untuk meratakan rasa. Pastikan Anda mencicipi kuah rawon sesuai selera Anda, apakah lebih suka dengan rasa yang manis atau gurih.


5. Sajikan dengan Pelengkap

Setelah kuah rawon matang dan rasa sudah sesuai dengan selera, sajikan rawon dalam mangkuk besar. Hidangkan dengan nasi putih, tauge, dan telur asin sebagai pelengkap. Anda juga bisa menambahkan kerupuk sebagai pendampingnya.


Kesimpulan

Rawon adalah salah satu masakan khas Jawa Timur yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan kuah pekat yang berwarna hitam legam dan cita rasa yang khas, rawon akan membuat lidah Anda bergoyang. Jangan ragu untuk mencoba resep rawon ini di rumah dan sajikan kepada keluarga Anda. Dijamin, semua orang akan ketagihan dengan lezatnya hidangan ini! Selamat mencoba!

0 Komentar

Posting Komentar