Favorit Keluarga! Resep SAYUR ASEM KHAS SUNDA

Hari ini, kita akan membuat Sayur Asem. Ini akan menjadi istimewa dengan campuran kacang dalam sup. Sayur asem ini biasa saya temukan di rumah makan sunda. Rasanya kompleks dan sedikit creamy dari kacangnya. Anda cukup menikmatinya dengan nasi dan ikan asin. Menu yang pas untuk berbuka puasa bersama orang tersayang. Akan lebih praktis jika dibuat dengan panci seri Natura dari Tefal. 


Sayur Asem Khas Sunda


Untuk bumbunya, kami menggunakan 

  • bawang putih

  • bawang merah

  • cabai merah

  • kacang tanah (sebagai pengganti kemiri)


Anda bisa menambahkan terasi jika suka tapi untuk resep ini, saya lebih suka melewatkan terasi. Kita juga membutuhkan 

  • asam jawa

  • daun salam

  • lengkuas

  • gula aren


Untuk isiannya saya pakai 

  • kacang tanah, 

  • kacang merah, dan 

  • melinjo. 


Untuk sayur ada 

  • daun melinjo

  • baby corn

  • jagung manis

  • buncis

  • labu siam


Anda bisa menambahkan sayuran lain, atau menambahkan nangka muda, atau menggunakan hanya sebagian yang saya gunakan. Untuk melengkapi sajiannya, Anda bisa menambahkan ikan asin atau cumi asin. 


Pertama, panaskan air. Sambil menunggu mendidih, mari kita siapkan bumbunya. Saya menggunakan blender, tapi Anda bisa menumbuknya secara manual. Tambahkan cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan kacang tanah. Tambahkan air untuk membantunya berbaur. Anda juga bisa menggunakan chopper jika ingin mendapatkan tekstur yang lebih banyak. 


Sekarang, tambahkan bumbu halus ke dalam air. Lalu tambahkan kacang terlebih dahulu karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak. Masukkan kacang tanah, kacang merah, dan melinjo. Tumbuk lengkuas dan tambahkan ke dalam wajan dengan daun salam. 


Kemudian, campur asam jawa dengan air panas. Aduk rata agar daging asam jawa terpisah dari bijinya. Kemudian, saring air asam jawa langsung ke dalam panci. Celupkan saringan ke dalam sup agar semua sisa asam tercampur. Kami tidak akan menggunakan biji asam. 


Sekarang, bumbui sup dengan gula aren, gula putih, dan garam. Saya akan menutup panci agar cepat mendidih. Saya menggunakan panci dari Tefal's Natura Series. Panci Natura Series memiliki lapisan mineralia yang berasal dari mineral alami bumi. Ini antilengket dan aman untuk kesehatan. 


Sambil menunggu sup mendidih, mari kita iris sayurannya. Potong dadu labu siam dan iris kacang panjang. Iris jagung muda dan jagung manis. Jagung manis muda biasanya tidak terlalu sulit untuk diiris, tetapi yang terbaik adalah menggunakan kujang seperti ini untuk yang sudah matang. Atau, gunakan bagian belakang pisau, yang memiliki kekuatan paling besar. Oke, sayuran diiris. 


Mereka bisa dimasak dengan cepat, hanya dalam 10 menit, jadi pastikan kacangnya lunak sebelum menambahkan sayuran. Ini agar sayuran tidak menjadi terlalu lembek. Setelah 15 - 20 menit, periksa apakah kacang sudah empuk. Jika sudah, kita bisa menambahkan sayuran. Tambahkan labu siam, buncis, baby corn, jagung manis, dan daun melinjo. Lanjutkan memasak selama 10 menit sampai semua sayuran matang. 


Aku akan menggoreng ikan asin. Saya pakai gurami kulit ular, tapi bisa juga pakai ikan jambal. Potong ikan sesuai selera. Anda bisa menggorengnya utuh, tapi saya ingin lebih renyah dan renyah. Saya akan merendam ikan dalam air terlebih dahulu. Ini juga akan membilas ikan dan membersihkannya. 


Anda bisa mengeringkannya dengan handuk kertas. Sekarang, panaskan minyaknya. Setelah minyak panas, tambahkan tepung agar minyak tidak terlalu banyak memercik. Lalu, masukkan ikan asin. Di sini, saya juga menggunakan wajan dari Tefal's Natura series. Panci kecil seperti ini sangat cocok untuk menggoreng makanan jenis ini sehingga kita tidak perlu menggunakan minyak terlalu banyak. 


Sayur asem dan ikan asin adalah kombo yang bagus. Ada versi Sayur Asem dengan kuah yang lebih bening. Aku suka keduanya. Sayur asem versi ini tetap terasa segar meski ditambah bumbu halus dan kacang tanah. Rasa keseluruhan lebih segar dan gurih. Itu juga mengapa kami tidak menggunakan MSG atau bubuk ayam. 


Jadi, rasa asemnya harus berani. Kami juga membumbui dengan sedikit gula dan garam. Selain itu, Anda mendapatkan semua jenis tekstur dari sayuran labu siam yang lembut, kacang panjang, dan baby corn yang renyah. Sangat mudah. 


Kita hanya perlu menambahkan semua bahan. Rasanya harus seimbang dan rasa asamnya kuat. Baiklah kalau begitu. Terima kasih telah berkunjung. Kalau kamu recook masakan ini, tag aku dan temukan resep pendek lainnya di blog Resep Keluarga. Stay tune dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!


0 Komentar

Posting Komentar