Bahan dan Cara Membuat Sop Buah Segar Sederhana untuk Buka Puasa


Sop buah segar menjadi salah satu menu buka puasa yang menyegarkan. Setelah seharian menahan lapar dan haus membuat tenggorokan terasa kering. Untuk itu, sebagian besar dari mereka yang berpuasa ingin menikmat hidangan segar seperti sop buah.Apalagi berbuka puasa dianjurkan untuk makan atau minum yang manis. 

Sop buah menjadi salah satu menu yang menggugah selera da cocok untuk Anda yang ingin menikmati minuman dingin, manis dan menyegarkan. Tidak perlu membelinya, Anda pun bisa membuat sop buah sendiri.

Sop Buah Segar Menu Buka Puasa Paling Tepat

Mengkonsumsi buah-buahan segar saat buka puasa memiliki banyak manfaat. Salah satunya membantu mengembalikan energi dan cairan tubuh setelah seharian berpuasa. Cara membuatnya pun tergolong sederhana. Anda cukup kumpulkan aneka macam buah dan pelengkapnya. 

Berikut ini kami akan berikan resep membuat sop buah untuk menu buka puasa. Selain bahan-bahannya cukup mudah ditemukan, proses pembuatannya pun tergolong cepat.

Bahan

Sop buah segar dapat dibuat dengan berbagai macam bahan, tergantung pada preferensi dan kesukaan masing-masing. Berikut adalah beberapa bahan yang umum digunakan untuk membuat sop buah:

·       Buah segar: Pilihlah buah-buahan segar yang sudah matang dan terlihat segar. Buah-buahan seperti melon, semangka, nangka, kiwi, apel, pir, dan anggur bisa dipilih untuk membuat sop buah.

·       Sirup: Jika ingin menambahkan rasa manis pada sop buah, bisa ditambahkan sirup seperti sirup markisa, sirup jeruk, atau sirup anggur.

·       Madu: Madu bisa digunakan sebagai pengganti gula atau sirup. Selain memberikan rasa manis, madu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

·       Air kelapa: Air kelapa bisa digunakan sebagai pengganti air biasa dalam membuat sop buah. Selain memberikan rasa segar, air kelapa juga kaya akan nutrisi.

·       Es batu: Es batu bisa ditambahkan untuk memberikan sensasi dingin pada sop buah. Namun, jika ingin menyajikan sop buah dalam kondisi hangat, es batu tidak perlu ditambahkan.

·       Jeruk nipis: Jeruk nipis bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk memberikan rasa asam segar pada sop buah.

·       Susu kental manis: Jika ingin membuat sop buah yang lebih kental dan creamy, bisa ditambahkan susu kental manis.

Itulah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat sop buah. Namun, Anda bisa menyesuaikan bahan-bahan tersebut sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing.

Cara Pembuatan Sop Buah Segar

Setelah bahan-bahan sop buah sudah Anda siapkan, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Berikut ini adalah cara membuat sop buah yang sederhana yaitu:

Bahan-bahan:

·       500 gram buah segar (semangka, melon, nangka, kiwi, apel, dan anggur)

·       500 ml air kelapa

·       2 sdm madu

·       1 buah jeruk nipis

·       Es batu secukupnya

Langkah-langkah:

1.     Langkah pertama bisa segera cuci buah-buahan segar dengan air bersih, lalu potong kecil-kecil sesuai dengan selera.

2.     Jangan lupa untuk peras jeruk nipis dan ambil airnya.

3.     Masukkan buah-buahan ke dalam mangkuk besar.

4.     Jika sudah bisa tambahkan air kelapa, madu, dan air jeruk nipis ke dalam mangkuk.

5.     Aduk, ketika sudah tercampur, bisa tambahkan es batu sesuai dengan selera.

6.     Sajikan sop buah yang masih segar dalam mangkuk atau gelas.

Dengan mengikuti cara membuat sop buah tersebut Anda bisa menikmatinya saat berbuka bersama keluarga. Pilih macam-macam buah sesuai selera dan sajikan bersama susu, madu, sirup dan es. Dijamin sop buah segar akan melegakan tenggorokan yang kering.

0 Komentar

Posting Komentar