Sambal Ati Ampela Menu Lezat dan Wajib di Lebaran 2023

Sambal ati ampela menjadi salah satu menu favorit di hari Lebaran. Hampir setiap orang menyukai olahan ati ampela.

Meski nafsu makan belum begitu baik pasca menjalankan ibadah puasa, tetapi cita rasa sambal ati tiada duanya, sehingga Anda tidak mungkin tidak tergoda untuk mengincipinya.

Baru sepintas melihatnya saja, dijamin nafsu makan Anda akan timbul. Biasanya, menu ini menjadi pelengkap ketupat dan opor ayam

Sambal Ati Ampela Menu Wajib Lebaran


Siapa yang bisa menolak cita rasa gurih dan pedas dari sambal goreng ati. Tak salah apabila olahan masakan berbahan dasar kentang dan ati ampela ini cocok sebagai hidangan Lebaran bersama keluarga besar.

Bila Lebaran sebelumnya tidak menyajikan menu ini di meja makan, maka silakan menjajalnya di Lebaran 2023 kali ini.

Penasaran bagaimana cara memasaknya, karena ini pengalaman pertama membuat sambal ati ampela? Simak saja rangkumannya berikut ini.

Bahan Membuat Sambal Ati Fibercreme

Olahan sambal goreng fibercreme merupakan menu sambal goreng dengan proses pembuatan sederhana. Tak heran apabila banyak orang memilihnya sebagai menu pelengkap di momen Idul Fitri. Nah, bahan-bahan utamanya adalah sebagai berikut.

  • 1 kg kentang. Silahkan kupas, cuci hingga bersih, potong dadu kecil-kecil, kemudian goreng hingga benar-benar berwarna kecoklatan. 
  • 2 jelujur petai.
  • 2-3 sendok makan fiber creme.
  • 5 buah hati ayam atau sapi. Kemudian iris ati berbentuk dadu. 

Persiapan Membuat Bumbu Halus

Bahan-bahan yang harus ada untuk membuat bumbu sambal ati ampela meliputi 5 buah kemiri berukuran sedang, 7 siung bawang putih, dan 9 siung bawang merah, serta 15 buah cabe keriting

Bumbu Pelengkap

Bumbu pelengkap berikut ini akan menambah cita rasa lezat pada olahan sambal ati ampela buatan Anda. Semua bahan pelengkap ini bisa Anda dapatkan dengan mudah, seperti:

  • 2-3 lembar daun jeruk
  • 5-6 daun salam
  • 2 ruas jahe, geprekkan
  • 2-3 cm lengkuas, kemudian geprek lengkuas 
  • 2 batang serai. Ambil bagian batang berwarna putih
  • Garam dan lada sesuai selera.
  • 1 sdm gula jawa, sisir lembut
  • Asam jawa yang direndam dan kaldu bubuk secukupnya.

Cara Membuat 

Langkah-langkah mudah mengolah sambal ati ampela adalah:

  1. Tumis semua bahan halusnya di penggorengan. Setelah itu, tunggu hingga tercium wanginya.
  2. Bila sudah, masukkan ati ayam ampela ke dalam wajan, dan tuang sedikit air.
  3. Setelah ati ampela sudah empuk tambahkan semua bahan pelengkapnya.

Bila sudah tercampur sempurna, kecilkan api supaya sambal ati ampela bisa benar-benar empuk. Santap sambal ati ampela dengan nasi hangat.

Menu Dessert Lebaran Kekinian

Bila khawatir bobot naik pasca Lebaran, maka Anda bisa konsumsi dessert kaya serat. Menu Lebaran biasanya identik dengan dengan olahan masakan kaya minyak dan lemak. 

Selain lezat, dessert juga menjadi menu unik untuk merayakan Lebaran. Bagaimana tidak, Anda bisa mencetak puding ke berbagai cetakan lucu.

Tentu suasana Lebaran jauh terasa lebih manis dan segar. Beberapa menu yang bisa menjadi pilihan adalah puding sutra, es rumput laut, salad buah, es teler, panna cotta strawberry, dan masih banyak lagi.

Aneka olahan dessert juga bisa menjadi buah tangan ketika bersilaturahmi ke rumah kerabat atau tetangga. Pasti si empunya hunian menyukainya. Bahkan rasa dessert yang manis dan terasa segar membuat mereka ketagihan.

Setelah mengetahui jika sambal ati ampela adalah menu pelengkap yang wajib ada di meja ketika lebaran, jangan lewatkan untuk menyiapkannya di momen lebaran mendatang. Belajarlah pula membuat dessert yang lezat dan enak.

0 Komentar

Posting Komentar