Resep Takoyaki Enak dan Sederhana untuk Ide Jualan

Sumber : unsplash.com


 Resep takoyaki enak berikut cukup sederhana dan pembuatannya mudah sehingga bisa Anda coba buat sendiri di rumah waktu senggang. Takoyaki sendiri merupakan salah satu makanan khas dari Negeri Sakura Jepang. Bentuknya bulat dan terbuat dari adonan tepung dengan isian gurita di dalamnya.

Hal tersebut sesuai dengan namanya yaitu tako yang artinya gurita. Takoyaki biasanya dijual di pinggir jalan sebagai camilan yang gurih dan asin. Biasanya takoyaki juga disajikan dengan tambahan saus dan mayonaise untuk menambah cita rasanya agar semakin lezat.

Resep Takoyaki Enak yang Bisa Anda Coba

Meskipun berasal dari Jepang, untuk menikmatinya, kita tidak perlu jauh-jauh ke Jepang. Sebab di Indonesia sudah banyak yang menjual olahan tepung satu ini. Bahkan makanan ini juga sudah cukup populer sehingga bisa dengan mudah kita temukan di berbagai tempat.

Selain membeli, kita juga bisa mencoba membuatnya sendiri lho. Isiannya juga tidak harus menggunakan gurita, namun bisa menggunakan bahan lainnya. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk membuatnya beberapa resepnya berikut bisa Anda ikuti.

Takoyaki Original

Pertama kita akan membahas resep takoyaki untuk jualan dengan isian gurita. Anda juga bisa menggunakan isian lain seperti crab stick. Bahan yang diperlukan yaitu 150 gr tepung terigu, 1 sdm maizena, 2 butir telur kocok lepas, 100 ml susu cair, 350 ml air, 1/2 sdt baking soda, 1 sdm kecap asin, 2 batang daun bawang, gurita, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya, campurkan semua bahan hingga menjadi adonan kental kecuali gurita. Kemudian siapkan penggorengan takoyaki dan olesi margarin dengan merata. Tuang adonan pada cetakan hingga terisi setengah, lalu masukan potongan gurita dan tutup dengan adonan lagi.

Masak takoyaki hingga matang dan berwarna berubah kecoklatan. Jangan lupa untuk membaliknya agar matang merata dan tidak gosong. Jika sudah matang maka angkat takoyaki dan sajikan menggunakan saus tomat dan mayonaise.

Resep Takoyaki Udang

Resep takoyaki enak dan lembut selanjutnya Anda bisa menggunakan udang sebagai isian. Bahan pembuatan adonannya yaitu, 130 gram tepung terigu, 1 sdm susu cair, 1 butir telur ayam, 2 sdm tepung maizena, 1 sdt baking powder, 1/4 sdt garam, 1/2 sdt kaldu bubuk dan air secukupnya.

Untuk isiannya siapkan 100 gram udang, buang kepalanya dan bersihkan. Kemudian siapkan 1/4 bawang bombay yang dicincang kasar, garam dan merica secukupnya, 3 batang daun bawang, dan 1 batang daun seledri yang diiris tipis.

Untuk sausnya gunakan, 2 sdm saus sambal, 3 sdm saus tomat, 1 sdm saus tiram, 1 sdt kecap asin, 1/4 sdt gula, 4 sdm air dan mayonaise secukupnya.

Cara membuatnya, pertama campur semua bahan adonan kering lalu tambahkan telur dan air secukupnya. Kemudian cincang udang dan tumis sebentar menggunakan bawang bombay. Cara membuat takoyaki rumahan selanjutnya panaskan cetakan takoyaki lalu oleskan dengan minyak.

Tuang adonan dan beri udang serta daun bawang lalu tambah adonan dan putar hingga berbentuk bundar. Masak hingga takoyaki matang secara merata dan berwarna kecoklatan. Jika sudah maka angkat dan lakukan hal yang sama pada sisa adonan.

Untuk meracik saus, campur semua bahan saus kecuali mayonaise. Kemudian tata takoyaki yang sudah matang di atas piring saji, tuang saus dan mayonaise di atasnya. Kemudian taburkan irisan daun bawang dan seledri, takoyaki pun siap dinikmati.

Itulah 2 resep takoyaki enak yang mudah dan juga simpel. Anda pun bisa menjadikannya sebagai ide jualan yang pastinya menguntungkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

0 Komentar

Posting Komentar