Resep SUP AYAM AIR KELAPA, Gurih Kaldunya Berasa!

Halo! Selamat datang kembali di blog, Resep Keluarga. Hari ini saya akan membuat Sup Ayam Kelapa dengan bahan sederhana. Resep ini terinspirasi dari Sup Ayam Herbal Kelapa ala China. Untuk membuat hidangan itu, Anda membutuhkan bahan khusus, jadi saya membuat versi yang sangat sederhana dan praktis. Kuahnya benar-benar beraroma dan gurih, juga ayamnya sekarang sangat empuk.




  • Pertama, untuk ayamnya bisa menggunakan ayam kampung atau ayam jago. Anda juga bisa menggunakan ayam pedaging, tetapi kaldunya tidak terlalu kaya. 

  • Untuk aromanya, saya menggunakan lada hitam putih utuh. Anda juga bisa menggunakan yang bedak. 

  • Saya juga menggunakan jahe dan jamur Shiitake segar. Anda bisa menggunakan yang kering, yang baunya lebih khas. Saya akan mencampurnya dengan Shimeji putih, tetapi Anda juga bisa menggunakan jamur lain, seperti Enoki atau kuping kayu. 

  • Saya juga menggunakan bunga sedap malam atau kim cam. Jika Anda tidak memilikinya, lewati saja. Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga bisa menambahkan ginseng atau bahan Sup Ayam Herbal yang sudah dikemas sebelumnya. Atau, Anda bisa menambahkan goji berry atau jujube. 


Hari ini, saya hanya akan menggunakan bahan-bahan yang disebutkan di atas. Agar lebih istimewa, saya akan menambahkan air kelapa. Disini saya menggunakan Hydro Coco. Saya juga akan membuat saus celup spesial dengan kecap asin, cabai Thailand, dan bawang putih. Bahannya sederhana, tapi untuk Soto Ayam Jamu, proses memasak adalah bagian yang paling penting, agar bisa mendapatkan rasa yang bening sekaligus kuah yang harum tidak berbau. 


  • Sekarang, potong ayam sesuai keinginan Anda. Saya akan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil agar rasanya lebih meresap dan ayam bisa dimasak lebih cepat. 

  • Sekarang, saya akan menambahkan banyak garam ke ayam, lalu saya akan memijatnya. 

  • Kami menambahkan banyak garam tidak hanya untuk menambah rasa tetapi juga agar kami dapat membersihkan ayam dengan lebih baik. Pijat-pijat ayam, lalu diamkan selama 10 menit sambil kita iris tipis jahe untuk mengeluarkan rasanya. 

  • Iris Shiitake. Jika Anda menggunakan Shiitake kering, rendam terlebih dahulu hingga lunak, lalu peras airnya dan potong-potong. Iris Shimeji juga. 

  • Terakhir, saya akan menggunakan bunga tuberose atau kim cam. Ikat menjadi simpul agar tidak hancur. 


Kim cam biasanya sangat asin karena ditaburi garam, jadi anda bisa membilasnya terlebih dahulu sebelum menambahkannya ke piring, anda juga bisa menambahkan ramuan Cina lainnya. 


Setelah ayam diistirahatkan selama 10 menit, bilas hingga bersih. Kalau tidak, pasti akan terlalu asin. Bilas dengan baik, lalu sisihkan. 


Sekarang, mari kita buat Supnya! Saya sudah menyiapkan air mendidih. Ini Sup Ayam Kelapa, jadi kita butuh air kelapa. Disini saya menggunakan Hydro Coco. Masukkan saja ke dalam panci. Temukan perbandingan air dengan air kelapa di kotak deskripsi. Saya menggunakan Hydro Coco karena saya simpan di rumah untuk diminum keluarga saya setiap hari. Setahu saya, Hydro Coco terbuat dari air kelapa asli. Saya menyimpan stok paket 1L besar di rumah. 


Seperti yang kita ketahui, air kelapa kaya akan nutrisi. Minum air kelapa setiap hari, dipadukan dengan pola hidup sehat, akan memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga kesehatan di tengah kesibukan sehari-hari. 


Setelah air mendidih satu lagi, masukkan ayam yang sudah dibilas, lalu tambahkan bahan lainnya: 

  • jahe

  • Shiitake

  • Shimeji

  • bunga sedap malam atau kim cam

  • Serta lada hitam putih


Saya menggunakan paprika utuh agar kuahnya lebih bening. Tapi, Anda juga bisa menggunakan bedak. Rasa tidak akan berubah. 


Berikut catatan penting: saat memasak sup herbal, Anda harus memasaknya dengan api kecil. Sup akan lebih harum dan bening jika dimasak dengan suhu rendah dalam waktu lama. Sekarang, kita tinggal memasaknya. 


Jika Anda menggunakan potongan ayam kecil, mungkin perlu waktu sekitar 1 jam untuk memasak dengan api kecil. Tapi, kalau potongannya besar, apalagi kalau pakai ayam jago, masaknya lebih lama. 


Jika Anda menggunakan ayam pedaging, memasaknya selama 1 jam sudah cukup. Sup Ayam Herbal biasanya tidak terlalu berbumbu. Biasanya, itu hanya asin ringan. Disini saya tidak menambahkan garam lagi karena ayam sudah dimarinasi garam dan bunga sedap malam sudah asin. 


Rasa manis juga bisa kita dapatkan dari buah-buahan kering, jujube, atau air kelapa. Biasanya, jika saya menyajikan Sup Herbal dengan nasi, saya juga akan membuat sausnya. Itu opsional. 


Di sini, saya hanya akan mengiris tipis bawang putih. Iris juga cabai hijau Thailand. Anda juga bisa menggunakan yang berwarna merah. Terakhir, tambahkan bawang putih dan cabai ke dalam kecap. Setelah dimasak selama 1 jam dengan api kecil, ayamnya empuk dan kuahnya harum. Beri rasa dan sesuaikan sesuai kebutuhan. 


Bahan sop ayamnya mungkin sederhana, tapi rasanya benar-benar enak. Ayamnya kami masak lama dengan api kecil, jadi kuahnya benar-benar beraroma dan gurih. Juga, dagingnya sangat empuk sekarang. Ada sedikit rasa manis dari Hydro Coco juga jahe, dan merica membuat kaldu sedikit pedas.


Yang saya maksud dengan pedas adalah "hangat", yang sangat cocok dengan jenis Sup Herbal ini. Di sini, jamur menambah tekstur dan aroma. Jika Anda menyajikan Sup dengan nasi, Anda harus membuat sausnya karena akan membuat hidangannya semakin lezat. 


Baiklah kalau begitu, Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa untuk memeriksa Artikel lainnya. Anda bisa link yang sudah saya siapkan atau kembali ke beranda. Kalau kamu recook masakan ini, tag aku dan temukan resep pendek lainnya di artikel berikutnya, Suka, berlangganan, bagikan, dan komentar di bawah ini. Stay tune dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

0 Komentar

Posting Komentar