Resep Puding Coklat Susu yang Enak untuk Berbuka



Puding coklat susu tentunya menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa yang pastinya lezat, apalagi jika disajikan dingin. Rasanya yang manis tentu bisa mengembalikan energi setelah berpuasa. Belum lagi teksturnya lembut sehingga cocok untuk semua orang.

Puding memang menjadi makanan kesukaan banyak orang di Indonesia. Entah itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa sekalipun pasti juga menyukainya. Karena itu Anda juga bisa menjadikannya sebagai menu berbuka puasa untuk keluarga tercinta di rumah.

Aneka Resep Puding Coklat Susu

Puding memiliki banyak sekali pilihan rasa yang pastinya enak dan menyegarkan. Misalnya yaitu rasa coklat, susu hingga rasa buah-buahan seperti stroberi, anggur, apel, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini kita akan membahas resep rasa coklat susu yang cocok untuk berbuka puasa.

Untuk membuat puding tersebut juga sangat mudah dan waktu memasaknya juga cepat. Selain itu bahan-bahan pembuatannya juga sederhana dan bisa dengan mudah kita temukan di sekitar. Nah, berikut ini adalah beberapa resepnya yang bisa Anda ikuti:

Puding 2 lapis

Resep pertama yaitu puding 2 lapis. Untuk lapisan 1 bahannya 500 ml susu cair coklat, 20 gram bubuk jelly coklat, 5 sdm gula pasir, 1/2 sdt bubuk coklat garam sejumput. Bahan lapisan kedua 500 ml susu cair coklat, 20 gram bubuk jelly coklat, 5 sdm gula pasir, 1 butir kuning telur, garam sejumput, dan extract vanila 1/2 sdt.

Untuk memasak resep puding coklat lembut lapisan pertama, masukkan bahan ke dalam panci dan aduk hingga merata. Jika sudah maka nyalakan kompor dan masak puding hingga mendidih sambil diaduk perlahan. Jika sudah mendidih maka angkat, biarkan uap panas menghilang dan tuang pada cetakan.

Selanjutnya untuk lapisan kedua, masukkan susu cair coklat, bubuk jelly, garam dan gula pasir pada panci. Kemudian nyalakan api dan aduk perlahan. Dalam mangkuk kocok kuning telur, extract vanila, dan campur dengan satu sendok sayur bahan puding hingga merata.

Kemudian masukkan ke dalam panci puding dan masak hingga mendidih. Jika sudah maka angkat dan biarkan uap panas menghilang. Masukkan ke dalam cetakan di atas lapisan pertama dan dinginkan. Puding pun siap Anda sajikan saat waktu berbuka puasa.

Puding dengan Vla

Resep puding coklat simpel kedua kita akan membahas puding dengan vla. Bahan untuk puding yaitu 1 kaleng kental manis coklat. 2 sachet agar-agar tawar, 800 ml air putih, 2 sdt coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air dan 3 sdm gula pasir.

Untuk bahan vla siapkan 2 sachet kental manis vanilla, 1 butir kuning telur, 3 sdm gula pasir, 1/4 sdt garam, 400 ml susu cair putih, 1/2 sdt vanili bubuk, dan 1 sdm larutan tepung maizena dengan sedikit air.

Cara membuatnya pertama campur merata semua bahan puding dalam panci lalu masak hingga mendidih. Jika sudah mendidih maka angkat dan pindahkan ke dalam cetakan dan dinginkan. Kemudian untuk membuat vla, masukkan semua bahan vla ke dalam panci kecuali maizena.

Masak hingga mendidih, jika sudah maka matikan api dan masukkan maizena lalu aduk hingga merata. Untuk penyajiannya, keluarkan puding dari cetakan lalu tuangkan vla di atasnya. Puding pun siap dinikmati.

Itulah resep puding coklat susu yang pastinya enak, manis, dan teksturnya sangat lembut. Agar semakin enak dan menarik, Anda juga bisa menambahkan beberapa toping seperti buah maupun wafer. Kemudian Anda juga bisa memasukkannya ke kulkas beberapa jam sebelum berbuka.

0 Komentar

Posting Komentar