Yuk Coba Resep Mangut Lele Jogja Ini, Cocok Untuk Menu Makan Malam

Merasa bosan dengan olahan ikan lele goreng? Kamu bisa banget mencoba resep mangut lele Jogja in untuk menu makan bersama. Makanan khas Yogyakarta yang satu ini mempunyai ciri khas rasa yang gurih serta sedikit pedas dan bercampur dengan santan. Jika membayangkannya tentu sangat menggiurkan bukan?

Sumber : Instagram @dapoersikoko


Untuk itu, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, lho. Proses memasaknya juga tidaklah sulit seperti yang kamu bayangkan. Nah, buat kamu yang ingin mencoba olahan yang satu ini, yuk simak terus resep dan cara memasaknya berikut ini.

Resep Mangut Lele Jogja

Mangut lele menjadi salah satu makanan khas Jogja yang banyak diminati orang-orang. Olahan yang satu ini mempunyai aroma yang khas serta cita rasa yang unik. Biasanya, olahan lele selalu saja digoreng dan dimakan bersamaan dengan sambal serta lalapan. Namun, mangut lele ini tersaji dengan menggunakan santan.

Jadi, buat kamu yang ingin mencoba menu baru, makanan ini sangat cocok untuk dicoba. Untuk resep pembuatannya pun sangat mudah. Namun sebelum itu kamu perlu menyiapkan bahan serta bumbu-bumbunya seperti berikut ini.

Bahan-Bahan Mangut Lele

Untuk mencoba resep mangut lele Jogja ini, kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Untuk bahan-bahannya juga cukup simpel, yakni sebagai berikut ini.

·       4 Ekor ikan lele (Atau bisa menyesuaikan kebutuhan)

·       2 sendok teh perasan air jeruk nipis

·       1 sendok teh garam halus

·       3 buah cabai besar warna merah

·       2 lembar daun salam

·       Lengkuas secukupnya (bisa berukuran 2 cm atau dikira-kira)

·       3 lembar daun jeruk

·       Gula merah secukupnya

·       1 batang serai ( ambil bagian dalamnya)

·       500 ml santan kelapa

·       Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Untuk Ditumis

Setelah bahan-bahan diatas sudah kamu siapkan, resep mangut lele santan khas Jogja selanjutnya yaitu membuat bumbu halusnya untuk ditumis. Untuk bumbunya juga sangat simpel, yakni sebagai berikut ini.

·       8 butir bawang merah

·       3 butir kemiri

·       5 butir bawang putih

·       1/2 sendok teh ketumbar

·       1 ruas lengkuas

·       1 ruas kunyit

·       1 ruas jahe

Nah, setelah semua bahan-bahan diatas sudah kamu siapkan, langkah selanjutnya kamu bisa mencoba memasak resep mangut lele Jogja ini. Untuk itu, langsung saja perhatikan langkah-langkah memasaknya di bawah ini.

Langkah-Langkah Memasak Mangut Lele

Langkah-langkah resep mangut lele sederhana ini terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa metode seperti berikut ini.

1.     Pertama-tama, silakan cuci bersih ikan lele yang sudah kamu siapkan tadi. Setelah itu, rendam ikan lele tersebut ke dalam perasan air jeruk nipis, garam, serta parutan bawang putih. Kemudian diamkan dalam waktu kurang lebih 15 menit.

2.     Sembari menunggu rendaman ikan lele, kamu bisa mencoba membuat bumbu halus halus seperti yang sudah disebutkan di atas. Bisa dengan mengulek menggunakan cobek atau jika ingin lebih instan memakai blender. Selain itu, potong juga cabai yang sudah kamu siapkan tadi.

3.     Jika air lele sudah selesai direndam, langkah berikutnya yaitu menggorengnya hingga matang. Pastikan juga kamu blek-balik supaya matangnya merata. Setelah itu angkat dan tiriskan sebentar.

4.     Selanjutnya, tumis bumbu halus, potongan cabai merah, daun jeruk, daun salam, serta lengkuas hingga tercium aroma harum.

5.     Setelah itu, masukkan santan, gula merah, serta garam sesuai takaran dan aduk hingga merata serta mendidih.

6.     Jika sudah mendidih, masukkan lele yang sudah kamu goreng tadi ke dalam rebusan kuah tersebut. Aduk-aduk hingga kuah santan bercampur dengan ikan lele. Jika perlu tambahkan gula, garam, atau penyedap rasa jika masih terasa kurang sedap. Masak hingga kuah santannya mengental dan berminyak

7.     Dan yang terakhir, sajikan olahan mangut lele ke dalam wadah dan sudah selesai.

Nah, itulah resep mangut lele Jogja beserta cara mengolahnya yang bisa kamu perhatikan. Bagaimana, sangat mudah bukan? Jadi, tunggu apalagi, kamu bisa langsung mencoba untuk memasaknya.

0 Komentar

Posting Komentar