EMPUK SEHARIAN! Resep KUE KLEPON: Lembut, Kenyal, Lumer Di Mulut [Takjil]

Halo! Selamat datang kembali di blog, Resep Keluarga. Hari ini, kita akan membuat Klepon! Ini lembut dan melenting, ini akan tetap empuk untuk waktu yang lama, jika kita tidak berhati-hati saat membuat Klepon, setelah dimasak akan menjadi lembek tetapi setelah didinginkan menjadi keras.



Variasi takjil di Indonesia sangat banyak, dari yang gurih hingga yang manis, klepon adalah ide bagus untuk takjil, berikut bahan-bahannya. 

  • Saya mencampur tepung beras ketan dan tepung beras, kami akan menambahkan ekstrak pandan, gula, dan air. Jika Anda menggunakan jus pandan asli, ganti jumlah airnya dengan jus pandan, Disini saya menggunakan ekstrak pandan. 

  • Biasanya warnanya tidak natural, jadi saya tambahkan sedikit pewarna makanan merah dan kuning. Untuk isiannya saya pakai gula aren. Untuk pelapisnya kita membutuhkan parutan kelapa, garam, dan daun pandan. 

  • Pertama, mari kita siapkan lapisan kelapa parut. Gunakan kelapa parut segar. Jika dibekukan, warnanya akan berubah menjadi cokelat. 

  • Tambahkan garam secukupnya untuk menyeimbangkan manisnya isian. Mungkin sedikit asin saat anda mencicipinya, tapi akan pas jika anda memakannya dengan isiannya nanti. 

  • Siapkan mangkuk tahan panas. Letakkan daun pandan di atasnya untuk menambah aroma, lalu kukus selama 15 - 20 menit. Mengukus akan mensterilkan kelapa sehingga tidak mudah asam. Ini juga akan membantu menanamkan aroma pandan. 

  • Setelah dikukus, pindahkan kelapa ke mangkuk yang lebih besar agar uapnya keluar tanpa membasahi kelapa. Sisihkan ini, lalu siapkan isian gula arennya. Saya menggunakan gula aren blok. Parut menjadi butiran halus agar dapat meleleh secara merata. 


Jika Anda memotong gula aren, ukurannya tidak akan rata dan mungkin lebih sulit untuk dicairkan. Beberapa resep mengharuskan Anda mencairkan gula untuk mengisi Klepon. Ini lebih merepotkan tapi dengan begitu, tidak akan terlalu manis. Selain itu, jika Klepon sudah dingin, isiannya tetap cair dan tidak mengkristal. Dengan metode ini, terkadang isian mengkristal saat didinginkan. 


Sekarang Klepon bisa langsung diisi. Tapi, saya lebih suka bentuk gulanya menjadi bola-bola seperti ini dulu. Dengan melakukan ini, ukuran porsi akan seragam. Juga, metode ini lebih cepat dan tidak berantakan. 


  • Sisihkan ini. Jika panas saat Anda bekerja, masukkan bola gula aren ke dalam freezer agar tidak meleleh. Namun jika tidak terlalu panas, jangan khawatir. Gula aren tidak akan meleleh. 

  • Nah sekarang kita buat adonan klepon dengan cara masak adonan dimana kita masak dulu adonannya. Siapkan panci. Jangan memanaskannya. 

  • Tambahkan air, tepung beras, gula untuk menambah rasa manis dan tekstur yang baik. 

  • Tambahkan ekstrak pandan. Biasanya warnanya agak tidak natural. Untuk membuatnya seperti daun, saya akan menambahkan pewarna makanan merah dan kuning. Jangan khawatir jika warnanya terlalu kuning atau cokelat. Tambahkan lebih banyak ekstrak pandan untuk mendapatkan warna hijau seperti daun yang dalam. 

  • Setelah mendapatkan warna yang diinginkan, masak hingga mengental. Dengan dimasak, tepung beras akan mengikat air dan mengentalkan adonan. Jika adonan sudah kental, tidak perlu menambahkan terlalu banyak tepung kering agar tekstur akhirnya lebih lembut. 

  • Adonan yang sudah matang ini juga akan menjaga kelembapan Klepon lebih lama sehingga tidak mudah keras. Setelah adonan mulai menggumpal, matikan api. Lalu, aduk terus hingga kalis seperti ini. 

  • Sekarang, tambahkan ke dalam tepung beras ketan. Jadi, tepung berasnya sudah matang dan tepung ketannya sudah kering. Aduk rata. Setelah tidak terlalu panas, uleni dengan tangan. Jangan kaget. Adonan akan menempel di tangan Anda, tetapi jangan langsung menambahkan tepung kering karena akan menjadi keras. 

  • Sekarang teksturnya masih lembut tapi bisa dibentuk dengan mudah. Seharusnya tidak terlalu lunak sehingga Anda tidak bisa membentuknya. Saya akan mencuci tangan agar adonan tidak lengket lagi. Melihat? Sekarang sudah tidak lengket lagi. 

  • Sekarang, adonan siap digunakan. Anda bisa mengisinya dengan gula dan merebusnya. Tapi, saya lebih suka membaginya terlebih dahulu. Ini lebih cepat dengan cara ini. 

  • Taburi talenan dengan sedikit tepung. Kemudian, gulung adonan menjadi silinder panjang. Bagi adonan menjadi dua jika perlu. 

  • Potong adonan sesuai ukuran yang diinginkan. Satu potong klepon harusnya sekitar 12 - 15 gram adonan. Kami akan mengisinya dengan 3 - 4 gram gula. 

  • Tutup adonan dengan plastik agar tidak kering. Kalau sudah kering akan pecah saat kita bentuk, jadi tutup rapat. 

  • Sebelum diisi, panaskan air untuk merebus klepon. Kita harus segera memasaknya setelah dibentuk dan diisi. Ini agar gula tidak bocor. Jika tidak segera direbus, gula akan meleleh dan adonan akan pecah. Kalau dirasa agak lengket, bisa lumuri jari dengan sedikit tepung beras ketan. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan tepung terlalu banyak karena adonan bisa menjadi kering dan mudah pecah. 

  • Dengan ibu jari dan jari telunjuk, bentuk adonan menjadi mangkuk. Saya pikir bentuk ini membuat pengisian lebih mudah daripada bentuk datar. Dapatkan bola gula yang kami buat dan masukkan ke dalam adonan. Pastikan tidak banyak kantong udara di dalamnya. 

  • Kemudian, dorong adonan ke atas untuk menutupi gula dan menutupnya. Bentuk menjadi bola bundar sehingga terlihat bagus. 

  • Masak segera. Airnya tidak harus digulung, asalkan panas. Itu harus mendidih dengan gelembung kecil di dalamnya. Jika mendidih, adonan bisa pecah dan hancur. 

  • Setelah Klepon mengapung, adonan sudah matang. Namun terkadang, gula di dalamnya belum sepenuhnya meleleh. Jadi, beri sedikit waktu lagi, tapi jangan terlalu lama atau isiannya bisa bocor. 

  • Setelah matang, tiriskan klepon dan lumuri dengan parutan kelapa kukus. Rasanya kenyal dan lembut dengan aroma pandan, manis, isian yang meleleh, dan lapisan kelapa parut yang gurih. 


Tak heran jika Klepon menjadi salah satu jajanan yang paling digemari di Indonesia. Dengan metode adonan matang, Klepon akan lebih empuk dan empuk lebih lama. Anda dapat mencobanya. Sangat mudah namun rumit. Perhatikan langkah-langkahnya agar Klepon tidak bocor. 


Terima kasih telah berkunjung di Resep Keluarga. Dapatkan Takjil ini dan resep lainnya dari artikel resep saya blog ini. Jika Anda memasak kembali hidangan ini, jangan lupa untuk menandai saya. Stay tune dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

0 Komentar

Posting Komentar