Favorit Anak-Anak! Resep BROKOLI SAUS TIRAM, dan Tim Telur

 


Halo! Selamat datang kembali di blog saya, ResepMasakan Keluarga. Hari ini, kita akan membuat Brokoli Saus Tiram. Ini salah satu hidangan brokoli yang paling disukai, dengan saus tiram akan menjadi hidangan yang gurih, tapi hari ini, saya akan membuat hidangan ini dengan Steamed Egg. 

 

Hanya dengan satu hidangan, anda akan mendapatkan protein dan sayuran, untuk bahannya kita membutuhkan 

  • Brokoli
  • Bawang putih
  • Bawang merah, bisa juga ditambahkan
  • Jamur
  • Ayam
  • Udang, dll. 

 

Perhatikan saja bahan-bahannya. Untuk Saus Tiram, kita akan menggunakan saus tiram, kecap asin, gula, bubuk ayam, tepung maizena, dan air. Telur Kukus adalah opsional. Untuk ini kita membutuhkan telur, air atau kaldu ayam, dan garam. 

 

Pertama, mari kita siapkan Telur Kukusnya karena sisa masakannya sangat cepat matang, masukkan telur ke dalam air dengan perbandingan 1 : 2. Jadi, kalau telurnya 100 ml, pakai air 200 ml. 

 

Bumbui dengan garam dan kocok lepas telur dengan pengocok. Anda bisa menggunakan kaldu ayam sebagai pengganti air, tapi pastikan tidak terlalu asin karena kami akan menyajikannya dengan Saus Tiram. 

 

Sekarang, siapkan mangkuk tahan panas. Saring campuran telur agar lebih sutra. Untuk memastikan telur benar-benar halus, penting untuk menutup mangkuk dengan foil, bungkus plastik, penutup, atau mangkuk lainnya. 

 

Ini agar uap tidak bisa masuk. Kukus dengan api sedang-kecil agar tidak terlalu panas. Jika tidak, Telur Kukus akan memiliki pori-pori. Rasanya masih enak, tapi akan terlihat lebih baik jika halus. 

 

Kukus selama 20 - 30 menit, tergantung kekentalan adonan telur. Jika setipis ini, akan memakan waktu sekitar 20 menit untuk memasak. 

 

Sekarang, mari kita siapkan bahan lainnya. Potong brokoli sesuai selera. Saya lebih suka potongan yang lebih besar karena terlihat lebih menarik. Saya akan menggunakan batangnya juga. 

 

Kupas bagian yang keras dan iris intinya. Cuci kuntum. Saya biasanya mencucinya sekali, lalu membilas setiap floret di bawah air mengalir untuk menghilangkan cacing, dll. Langkah ini opsional. 

 

Saya akan merendam brokoli dalam air dan garam untuk memurnikannya dari pestisida, dll. Selain garam, Anda bisa menggunakan sedikit sabun buah & sayuran food grade untuk membersihkannya dari pestisida, dll. Rendam selama 5 menit, kemudian bilas dengan air. 

 

Jika tidak, mungkin terlalu asin. Sekarang, brokoli siap digunakan. Iris bahan lainnya, mulai dari bawang bombay. Lalu, cincang bawang putih. Semua bahan Saus Tiram saya campurkan dulu karena semuanya hanya butuh waktu sebentar untuk dimasak. 

 

Ke dalam air, tambahkan saus tiram, kecap, gula, bubuk ayam, dan tepung maizena hingga mengental. Saus Tiram memiliki bahan yang sederhana, namun komposisinya sangat penting untuk mendapatkan keseimbangan antara gurih, manis, asin. 

 

Sekarang, semuanya sudah siap! Periksa apakah Telur sudah matang. Ini dilakukan setelah tidak ada air yang keluar saat Anda menusuknya dengan pisau. Langkah ini opsional. Saya akan merebus brokoli terlebih dahulu. Tapi, Anda juga bisa memasaknya bersama sausnya. 

 

Jika Anda menumis brokoli mentah, warnanya tidak akan semarak dan akan menyusut. Jika direbus terlebih dahulu, brokoli akan menyerap air sehingga lembut dan berwarna cerah. Sisihkan brokoli dan masak sausnya. Panaskan minyak dan tumis bawang putih cincang. Masak dengan api sedang-kecil agar tidak gosong dan pahit. 

 

Saya akan menyisihkannya untuk digunakan sebagai topping, tetapi Anda bisa membiarkannya. Sekarang, tambahkan bawang. Jika Anda suka aroma jahe, Anda bisa menambahkan irisan jahe sekarang. Tapi, saya memasak untuk anak-anak saya dan mereka tidak suka jahe, jadi saya tidak akan menggunakannya. 

 

Tambahkan brokoli. Jika Anda menggunakan brokoli mentah, tambahkan sekarang dan kami akan memasaknya dengan Saus. Terakhir masukkan Saus dan masak sebentar hingga Saus mengental dan sesuaikan rasa sesuai kebutuhan. Mirip dengan Claypot Tofu yang menggunakan silk tofu, tapi kami menggunakan Steamed Egg, jadi lebih silky. 

 

Saus Tiram harus memiliki keseimbangan antara gurih dan manis, namun tidak boleh berlebihan. Saus Tiram yang terlalu asin rasanya tidak akan enak. Anda tidak akan bisa menikmati hidangannya. Bawang Goreng juga menambah kelezatan hidangan ini. Nikmati saja dengan nasi, dan anak-anak juga akan menyukainya. 

 

Baiklah kalau begitu. Terima kasih telah membaca. Kalau kamu recook masakan ini, tag aku dan temukan resep pendek lainnya di beranda. berlangganan, bagikan, dan komentar di bawah ini. Stay tune dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

0 Komentar

Posting Komentar