Makanan Berserat Tinggi untuk Diet yang Murah dan Sehat!

Sumber : pixabay.com

 Makanan berserat tinggi untuk diet merupakan pilihan yang tepat. Sebab, kandungan serat di dalam makanan sangat ampuh menurunkan berat badan. Serat pada dasarnya merupakan kandungan yang sangat baik untuk tubuh.

Kebanyakan orang yang tengah dalam program diet akan mengonsumsi serat sebanyak mungkin. Hal tersebut karena makanan yang mengandung serat akan tubuh cerna dalam waktu yang lebih lama, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama juga.

Ketika tubuh tengah memecah serat dan mencoba mencernanya, proses tersebut akan menghentikan tubuh menyerap makanan lain yang tidak diinginkan. Itulah kenapa makanan kaya serat menjadi pilihan yang bagus untuk diet.

Rekomendasi Makanan Berserat Tinggi untuk Diet

Serat merupakan asupan yang tubuh butuhkan. Makanan dengan kandungan serat ini tidak hanya mampu membuat kenyang lebih lama, tetapi juga efektif memperlancar buang air besar (BAB).

Menurut pedoma Angka Kecukupan Gizi yang diterbitkan Kemenrian Kesehatan RI, kebutuhan serat untuk orang dewasa perharinya adalah sekitar 30-38 gram.

Untuk Anda yang tengah diet, maka sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat berikut ini.

  1. Alpukat

Pertama ada buah alpukat yang sangat populer. Buah dengan warna hijau ini memiliki kandungan lemak yang tinggi, tidak seperti kebanyakan buah lainnya.

Tentunya alpukat tidak hanya tinggi lemak, melainkan juga kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Setiap 100 gram alpukat mengandung 6,7 gram serat atau setara dengan 22% kebutuhan harian orang dewasa. Tidak hanya serat, di dalamnya juga ada vitamin B kompleks, C, dan E.

  1. Brokoli

Kemudian ada sayur tinggi serat, yaitu brokoli. Sayur ini mengandung serat tinggi dan juga vitamin C yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa satu cangkir brokoli mengandung 5 gram serat. Hal tersebut membuat brokoli menjadi makanan berserat tinggi untuk diet yang sangat tepat.

  1. Kacang Hijau

Jenis kacang-kacangan satu ini sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Ini merupakan sumber serat, zat besi, serta vitamin A dan C.

Kandungan yang ada di dalam kacang hijau tersebut sangat baik dan mendukung proses diet. Anda bisa mengolah kacang hijau sesuai keinginan.

  1. Gandum

Selanjutnya ada makanan khas orang diet, yaitu gandum. Tidak hanya tergolong tinggi serat, gandum juga menjadi salah satu makanan yang paling menyehatkan tubuh.

Bagaimana tidak, makanan satu ini kaya akan zat gizi mikro, vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Biji gandum juga mengandung serat larut air yang bernama beta-glukan. Serat ini ampuh mengontrol gula darah dan juga kolesterol, serta memperkuat daya tahan tubuh.

  1. Kentang Rebus dan Kulitnya

Kentang mungkin terkenal sebagai sumber karbohidrat. Akan tetapi, kentang bisa menjadi makanan berserat tinggi untuk diet apabila dikonsumsi dengan kulitnya.

Anda tidak perlu mengupas kulit kentang, tetapi cukup membersihkannya saja. Kemudian Anda bisa mengolah kentang dengan merebusnya, memanggang, atau kukus. Sebagai informasi, kulit dari satu buah kentang panggang mengandung sekitar 4,6 gram serat.

  1. Bayam

Sayuran hijau ini sangat bermanfaat untuk dikonsumsi rutin, terutama jika tengah berada dalam program penurunan berat badan atau diet. Bayam juga bisa meningkatkan kesehatan mata, mengurangi stres oksidatif, dan juga menurunkan tekanan darah.

Bayam mengandung serat tidak larut yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Itulah kenapa Anda bisa mengonsumsinya secara teratur.

Itulah berbagai makanan berserat tinggi untuk diet yang dapat Anda konsumsi. Meskipun baik, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan dan selalu imbangi dengan asupan lainnya.

0 Komentar

Posting Komentar