Kolak Pisang Kolang Kaling, Intip Resep Rahasia dan Cara Membuatnya



 Kolak pisang kolang kaling menjadi salah satu menu andalan ketika berbuka puasa. Bagaimana tidak, rasa manis gula jawa, gurih santan, dan kesegaran kolang kaling mampu melegakan tenggorokan setelah berjam-jam menahan dahaga. Agar isian kolak semakin lengkap, biasanya ibu-ibu di rumah menambahkan potongan ubi ungu maupun kuning.

Makna Filosofis Kolak Pisang Kolang Kaling

Di balik kepopulerannya sebagai menu berbuka yang nikmat. Ternyata kolak pisang memiliki sejumlah filosofi menarik. Nama “Kolak” berasal dari Bahasa Arab yakni “Kholaqo” atau “Khaliq” yang artinya “Mencipta”.

Secara tersirat, kolak menganjurkan kepada para penikmatnya untuk selalu dekat dengan Sang Pencipta. Tak hanya itu saja, beberapa isiannya juga memiliki makna tersendiri. Supaya semakin jelas, berikut ini uraian lengkapnya.

1. Pisang

Bahan utama pembentuk kolak adalah pisang. Umumnya, jenis pisang yang cocok untuk membuat kolak adalah kepok. Nama “Kepok” sendiri ternyata merujuk pada istilah “Kapok”. Dalam Bahasa Jawa “Kapok” berarti menyesal atau jera.

Makna tersirat yang ingin disampaikan adalah para penikmat kolak pisang kolang kaling sebaiknya selalu menyesali perbuatan dosa. Serta sungguh-sungguh bertaubat untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi.

2. Santan

Kuah kolak yang gurih berasal dari perpaduan santan dan gula jawa. Kuah yang memiliki tugas melebur semua bahan kolak ini, dalam bahasa Jawa disebut “Santen”. Penyebutan tersebut merupakan bentuk kependekan dari kata “Pangapunten” yang artinya meminta maaf. Maknanya merujuk kepada perintah agar manusia selalu memaafkan antar sesama.

3. Kolang Kaling

Kolang kaling dalam kolak melambangkan kesabaran. Kolang kaling sendiri berasal dari pohon paling kaya di antara tanaman lainnya. Meski demikian, ia tetap mencerminkan kehidupan yang sederhana. Bahkan ketika daun tuanya ditebas, buahnya dipanen, ijuknya diambil, ia tetap sabar dan percaya hal itu tidak akan membuatnya menjadi miskin.

4. Ubi

Tak hanya pisang, ubi menjadi bahan yang selalu hadir di berbagai jenis kolak. Ubi memiliki filosofi yang sangat menarik untuk kita ulas. Menurut kepercayaan orang Jawa, ubi mengingatkan manusia akan adanya kematian. Bagaimana tidak, ubi menjadi salah satu jenis polo pendem yang hidup di bawah tanah.

Sehingga secara tersirat para penikmat kolak harus selalu ingat, bahwa suatu saat pasti akan dikubur di dalam tanah juga. Kematian bisa saja menghampiri seseorang secepat menyendok kolak ke mulut. Karena itu, para wali mengajak bertobat di setiap suapan kolak yang disantap.

Resep Kolak Pisang Kolang Kaling Nikmat

Meski bisa membeli di sepanjang jalan ketika bulan puasa. Namun, kenikmatan kolak tidak seperti ketika membuat sendiri di rumah. Resep kolak pisang kolang kaling sendiri sangat sederhana, bahan-bahannya pun murah meriah seperti berikut ini.

  • Ubi ungu atau kuning secukupnya dipotong dadu.
  • Pisang kepok yang sudah matang jumlahnya sesuai selera.
  • 250 gram kolang kaling
  • 150 gram gula merah, jika ingin lebih manis bisa dilebihkan.
  • Santan kental.
  • Air secukupnya.
  • 1/2 sendok teh garam halus.
  • Beberapa lembar daun pandan.

Cara Membuat

Pada dasarnya, cara membuat kolak pisang kolang kaling hanya cukup mencampurkan bahan-bahan di atas. Kemudian merebusnya hingga matang. Supaya lebih memahami Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, cuci kolang kaling hingga bersih dan rebus sebentar untuk menghilangkan rasa langunya.
  2. Panaskan air hingga mendidih, setelah itu rebus ubi yang sudah dipotong dadu agar teksturnya menjadi setengah matang.
  3. Masukkan kolang kaling beserta santan kental ke dalam rebusan ubi.
  4. Sambil diaduk secara merata, tambahkan garam, gula merah, dan daun pandan agar aromanya semakin menggugah selera.
  5. Terakhir masukkan pisang kepok matang, dan masak sebentar supaya teksturnya tidak lembek.
  6. Jangan lupa koreksi rasa, jika ada yang kurang bisa ditambahkan.
  7. Selesai.
Nah, itulah uraian filosofi tentang kolak pisang kolang kaling lengkap dengan resep dan cara membuatnya. Selamat mencoba, semoga informasi ini bermanfaat!

0 Komentar

Posting Komentar