Jajanan Khas Bali yang Nikmat, Harus Dicoba Saat Liburan!!!

Sumber : pixabay.com

 Jajanan khas Bali menjadi salah satu makanan yang harus dicoba saat liburan. Banyak berbagai makanan khas Bali yang memiliki rasa nikmat dan membuat ketagihan. Bali menjadi pilihan terbaik tempat untuk liburan bagi banyak orang. 

 

Di pulau Dewata tersebut terdapat berbagai destinasi wisata menarik yang wajib wisatawan kunjungi. Tidak hanya menyediakan berbagai tempat wisata menarik saja tetapi, Bali juga memiliki jajanan yang menjadi ciri khasnya. 

Jajanan Khas Bali yang Wajib Anda Coba Saat Liburan

Bali memiliki kuliner khas yang berbeda dari tempat lain. Setiap daerah pulau Bali memiliki perbedaan ciri khas kuliner. Banyak jajanan khas yang bisa Anda temukan pada Pulau Dewata ini. Banyaknya jajanan khas tersebut bisa menjadi pilihan terbaik sebagai teman camilan saat liburan. 

 

Tidak perlu khawatir, kantong Anda tidak akan terkuras ketika membeli jajanan tersebut. Para pedagang memberi harga makanan yang murah. Berikut merupakan beberapa jajanan khas Pulau Bali yang wajib Anda coba:

1. Jajanan Pie Susu

Siapa yang tidak kenal dengan pie susu khas Bali. Jajanan ini sudah terkenal luas pada kalangan masyarakat dan para wisatawan. Tidak hanya bisa sebagai teman liburan saja tetapi, jajanan Bali kering ini cocok untuk Anda bawa sebagai buah tangan. Umumnya masyarakat Bali menyajikan kue ini untuk kegiatan ibadah atau acara keluarga. 

 

Pie susu memiliki bentuk seperti pie tetapi, lebih gepeng. Pada bagian tengah kue terdapat susu kekuningan yang gurih dan manis, rasanya tidak perlu diragukan lagi. Pie susu cocok sebagai teman untuk minum secangkir teh atau kopi.

2. Kue Laklak

Kue Laklak menjadi salah satu jajanan khas Bali yang memiliki cita rasa nikmat. Sekilas bentuk makanan ini mirip seperti serabi tetapi, memiliki rasa yang jauh berbeda. Jajanan tradisional ini cocok sebagai teman minum teh atau kopi ketika sore hari. 

 

Anda bisa menemukan jajanan ini di pasar tradisional atau pedagang kue. Bahan pembuatan Laklak yaitu dari tepung beras yang diberi pewarna alami daun suji untuk berwarna hijau, sedangkan untuk warna putih diberi santan. Bentuk penyajian Laklak memang menarik yaitu dengan gula merah cair dan taburan kelapa parut.

3. Kaliadrem

Kaliadrem menjadi salah satu jajanan khas Bali halal yang bisa Anda coba. Jajanan tradisional ini jadi salah satu pelengkap sajian ketika upacara hari raya Galungan. Selain itu, juga bisa Anda nikmati sehari-hari sebagai camilan. Anda bisa menemukan karya drum pada pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Walaupun dengan harga yang terjangkau tetapi, rasanya akan nikmat. 

 

Jajanan tradisional ini terbuat dari bahan yang sederhana yaitu tepung beras, kelapa, gula merah, garam, dan air. Proses pembuatan Kaliadrem juga masih menggunakan cara yang tradisional. Hal itu karena tidak langsung menggunakan tepung beras tetapi, menggunakan beras yang ditumbuk terlebih dahulu.

4. Jajanan Jaje Injin

Jajanan khas Bali yang nikmat selanjutnya yaitu jaje injin. Jaje injin menjadi salah satu makanan khas yang terbuat dari bahan dasar ketan hitam. Rasanya juga nikmat dengan pembuatan yang sederhana. Ketan hitam tersebut akan dikukus terlebih dahulu hingga matang. 

 

Setelah matang di atas ketan hitam akan ada taburan kelapa parut dan gula merah cair. Jajanan ini bisa Anda temukan pada pasar tradisional. Jika sudah makan seporsi jajanan ini sudah akan merasa kenyang.

 

Berbagai jajanan khas Bali yang nikmat tersebut bisa menjadi pilihan terbaik sebagai camilan saat liburan. Tidak perlu khawatir karena harga dari makanan tradisional Bali sangatlah terjangkau.

0 Komentar

Posting Komentar