Es Blewah Segar, Menu Andalan untuk Berbuka Puasa


Es blewah segar tentu sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Terlebih ketika bulan suci Ramadhan, es satu ini selalu menjadi andalan untuk berbuka. Kesegaran dan rasa manis alami dari blewah membuat orang-orang seperti tak ingin berhenti menikmatinya.

Ini Dia Es Blewah Segar, Menu Andalan Ketika Berbuka

Blewah merupakan salah satu jenis buah, yang banyak dipakai untuk isian minuman segar di kawasan Asia Tenggara. Secara umum blewah berbentuk bulat dan cenderung lonjong. Warna kulitnya jingga terang dengan sedikit bercak kehijau-hijauan.

Di balik kulitnya yang relatif tipis, ada daging buah yang lembut dan bertekstur. Pada bagian tengahnya terdapat rongga tempat serat-serat dan biji blewah. Ketika daging buahnya dinikmati, orang seringkali mengira jika itu melon.

Mengingat cita rasa dan tekstur buahnya hampir mirip. Blewah memang sejenis dengan melon, namun kelompok budidayanya berbeda. Buah satu ini justru masuk ke kelompok Liana, atau satu tipe dengan labu dan timun.

Selain nikmat, es blewah segar juga memiliki kandungan gizi baik untuk tubuh. Pasalnya, blewah kaya akan serat, mineral, kalium, provitamin A, serta vitamin C. Kandungan gizi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa.

Tak hanya itu saja, beberapa ahli kesehatan juga mengungkapkan jika kandungan gizi blewah bisa menangkal sejumlah penyakit kronis. Seperti gangguan ginjal dan limpa, hipertensi atau darah tinggi dan mengobati sariawan yang parah.

Resep Es Blewah Original

Ketika bulan Suci Ramadhan tiba, jumlah penjualan buah blewah cenderung meningkat. Apalagi sudah menjadi semacam tradisi masyarakat, untuk membuat minuman segar berbahan blewah sebagai menu andalan berbuka puasa.

Blewah sendiri sangat mudah Anda temukan di pasar-pasar tradisional. Harganya yang relatif terjangkau, membuat sebagian orang memborong untuk stok selama 1 bulan puasa. Sajian sederhana es blewah juga tidak memerlukan bahan baku yang ribet. Untuk membuatnya Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti berikut ini.

·       1 buah blewah

·       Es batu sesuai selera

·       Sirup melon atau rasa bebas

·       Air secukupnya

Cara membuat:

1.     Pertama, potong buah blewah menjadi 2 bagian, buang bijinya dan cuci hingga bersih

2.     Setelah itu, serut daging blewah agar bentuknya menjadi kecil-kecil memanjang

3.     Larutkan sirup rasa apa saja ke dalam air, kemudian aduk hingga merata

4.     Masukkan blewah ke kuah sirup, lalu tambahkan es batu sesuai selera

5.     Selesai, es blewah segar siap dinikmati

Ide Kreasi Resep Es Blewah

Agar isian es blewah semakin lengkap, Anda juga bisa menambahkan sejumlah bahan ke dalamnya. Seperti menambah timun suri, biji selasih, potongan jeruk nipis, kelapa muda, cincau hitam, dan kolang kaling.

Selain itu, jika tidak suka menggunakan kuah sirup, Anda bisa menggantinya dengan susu putih kental manis. Cara membuat es blewah segar kuah susu tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah sebelumnya. Supaya lebih jelas silahkan simak uraian lengkapnya berikut ini.

1.     Pertama, siapkan bahan-bahan seperti es batu sesuai selera, susu putih kental manis, air dingin dan panas secukupnya, serta serutan buah blewah

2.     Setelah itu, larutkan susu kental manis ke dalam air panas sedikit saja

3.     Tambahkan air dingin secukupnya, lalu masukkan buah blewah ke dalamnya

4.     Terakhir, tuang es batu sesuai selera

5.     Selesai, es blewah susu siap disajikan

Nah, itulah ide resep es blewah segar yang simple dan murah meriah, untuk menu andalan berbuka puasa. Selamat mencoba sendiri di rumah, semoga informasi ini bermanfaat!

0 Komentar

Posting Komentar