Resep Sayur Lodeh, Mudah dan Lezat!

Resep sayur lodeh sebenarnya sangat sederhana. Bahan-bahannya pun cukup mudah ditemukan di warung maupun tukang sayur keliling. Ciri khas utama sayur ini adalah kuah santan kental dan cenderung pedas. Terdapat beberapa varian warna kuah seperti putih, sedikit kekuningan, hingga kemerahan.

Sumber: Pixabay.com

Ketahui Filosofi dan Bahan-Bahan untuk Resep Sayur Lodeh

Sebelum membahas lebih jauh tentang resep sayur lodeh dan cara membuatnya. Anda perlu mengetahui jika salah satu makanan khas Indonesia ini memiliki sejarah serta filosofi menarik. Mengutip dari berbagai sumber, sayur lodeh sudah ada sejak abad ke-10.

Kala itu masyarakat membuatnya untuk menghadapi bencana letusan Gunung Merapi tahun 1006. Sedangkan beberapa sejarawan memperkirakan kemunculan sayur ini di abad ke 16. Ketika bangsa Portugis dan Spanyol membudidayakan jagung serta kacang panjang di Negara Indonesia.

Menariknya, nama “Lodeh” berasal dari kalimat “terserah lo deh”. Penamaan ini bermula ketika Kerajaan Mataram Sultan Agung berperang melawan pemerintah Belanda yakni VOC. Suatu hari, seorang prajurit Sultan Agung dari Betawi ditanya perihal sayur yang dikonsumsi selama peperangan.

Alih-alih menjawab, ia justru nyeletuk "Terserah Lo Deh". Ketidaksengajaan itulah yang akhirnya membuat prajurit lain menyebut makanan tersebut dengan "Sayur Lodeh".

Masing-Masing Bahannya Mengandung Makna

Resep sayur lodeh terdiri atas 7 bahan utama yang wajib ada. Uniknya, bahan-bahan tersebut mengandung filosofi tersendiri. Bahkan banyak masyarakat yang mempercayai mitos sayur lodeh sebagai pengusir “Pageblug” atau wabah.

Mitos ini bukanlah karangan belaka, melainkan didasari adanya catatan sejarah yang cukup nyata. Tepat pada tahun 1931 silam, dimana pemerintahan Yogyakarta dipimpin oleh Sultan Hamengkubuwono VIII. Saat itu masyarakat harus menghadapi wabah pes hingga hampir dua dekade.

Sultan pun memerintahkan kepada seluruh masyarakat untuk memasak sayur lodeh serta berdiam diri di tempat tinggal masing-masing selama 49 hari. Ajaibnya wabah berangsur-angsur pergi dari Jawa, dan kehidupan kembali normal. Bahan-bahan sayur lodeh sendiri meliputi:

1.     Kluwih: Kluwargo luwihono anggone gulowentah gatekne (Kehidupan keluarga yang paling utama)

2.     Cang gleyor/kacang panjang: Cancangen awakmu ojo lungo-lungo (Jaga diri jangan pergi-pergi)

3.     Terong: Terusno anggone olehe manembah Gusti ojo datnyeng (Menyembah hanya kepada Yang Maha Esa bukan hanya saat kesusahan saja)

4.     Kulit Melinjo: Ojo mung ngerti njobone, ning kudu ngerti njerone babakan pagebluk (Jangan hanya melihat luarnya, namun harus memahami makna bencana)

5.     Waluh/labu: Uwalono ilangono ngeluh gersulo (Jangan mengeluh)

6.     Godong so/daun melinjo: Golong gilig donga kumpul wong sholeh sugeh kaweruh babakan agomo lan pagebluk. (Berdoa bersama orang yang salih, mengerti agama, serta paham wabah penyakit).

7.     Tempe: Temenono olehe dedepe nyuwun pitulungane Gusti Allah (Yakinlah Sang Pencipta selalu membantu).

Cara Membuat Sayur Lodeh

Setelah memahami sejarah dan filosofi bahan-bahannya. Selanjutnya kita akan membahas cara membuat sayur lodeh. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah menyiapkan bumbu-bumbu seperti berikut ini.

·       5 bawang putih

·       7 bawang merah

·       3 cabai merah besar

·       3 butir kemiri

·       2 ruas kunyit

·       1 sdt ketumbar

·       1 sdt terasi

·       garam, gula pasir dan kaldu bubuk secukupnya

·       1 ruas lengkuas yang sudah dimemarkan

·       2 batang serai

·       2 lembar salam

·        4 lembar daun jeruk

·       Cabai rawit secukupnya

Proses Memasak

1.     Pertama, potong-potong ketujuh bahan seperti yang telah tertera di atas.

2.     Haluskan bumbu-bumbu, kemudian tumis dalam minyak panas, aduk sebentar hingga harum.

3.   Setelah itu, masukkan semua bahan ke dalam wajan berisi bumbu, tambahkan air secukupnya dan tutup sampai empuk.

4.     Saat sejumlah sayuran sudah mulai layu, masukkan santan kental dan masak sampai matang.

5.     Jangan lupa untuk koreksi rasa, apabila belum pas bisa memberi tambahan bumbu secukupnya.

Nah, itulah uraian tentang resep sayur lodeh, lengkap dengan sejarah dan filosofi bahan-bahannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

0 Komentar

Posting Komentar