Resep Pempek Tanpa Ikan yang Ekonomis, Cocok Untuk Ide Usaha

Sumber : pixabay.com


Resep pempek tanpa ikan cocok menjadi ide bisnis jualan Anda. Pempek dikenal sebagai makanan tradisional khas Palembang di Sumatera Selatan. Makanan ini terbuat dari daging ikan giling dan tepung sagu.

Cara mengolahnya biasanya dengan digoreng hingga matang dan dihidangkan dengan kuah cuka. Rasanya yang nikmat, membuat olahan ini banyak digemari.

Kuah cuka yang dikonsumsi sebagai teman makan pempek ini biasanya berwarna hitam dan coklat. Terasa kuahnya ini merupakan perpaduan antara manis, asam dan pedas. Selain kuah cuka, pempek juga disajikan dengan mie kuning dan irisan timun.

Resep Pempek Tanpa Ikan yang Mudah dan Praktis

Ada berbagai jenis pempek yang biasanya kita kenal. Diantaranya, Pempek Kapal Selam, Pempek Lenjer, Pempek Adaan, Pempek Keriting, Pempek Kulit, dan lain-lain. Biasanya Pempek menggunakan campuran ikan, tepung terigu, telur, dan bahan lainnya sebagai bahan campurannya.

Sekarang pempek bisa dibuat tanpa daging ikan. Olahan ini, seringkali dikenal dengan Pempek Dos dan Pempek Pistel tanpa daging ikan. Cara memasak pempek tanpa ikan cukup mudah, mirip dengan pempek pada umumnya. Hanya saja, bahan dasar ikan tidak ditambahkan pada proses pembuatannya.

Resep Pempek Dos

Resep pempek tanpa ikan yang pertama adalah resep pempek dos. Mungkin nama ini sudah tidak asing Anda dengar. Bahan yang harus Anda persiapkan untuk membuatnya adalah air, garam, penyedap rasa, tepung terigu, telur, dan tepung tapioka.

Sedangkan untuk bahan air cuka antara lain gula merah, gula pasir, air, asam jawa atau cuka, cabai agar terasa pedas. Cara membuat Pempek Dos adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan air, garam, dan bumbu.
  2. Kemudian masak hingga adonan mendidih, lalu masukkan tepung secara perlahan hingga tercampur.
  3. Angkat dan dinginkan saat adonan sudah kalis.
  4. Tambahkan telur satu per satu ke dalam campuran pastikan adonan tercampur rata.
  5. Kemudian masukkan tepung terigu secara perlahan sambil diaduk.
  6. Masak dalam air mendidih, lalu tambahkan minyak sayur hingga mengapung dan goreng.

Cara Membuat Pempek Pistel

Resep pempek tanpa ikan Pempek pistel adalah jenis pempek tanpa daging ikan. Bentuknya bulat seperti lumpia kecil. Yang membedakan adalah Pistel Pempek yang bergelombang. Kepala pempek dibentuk dengan cara khas cap pempek.

Bahan-bahan Pempek Pistel tepung, sagu, telur, air, garam, serta tumis pepaya muda sebagai isian pempek nantinya. Cara membuat Pempek Pistel bisa Anda ikuti beberapa tahapan di bawah ini.

  1. Langkah pertama, siapkan wadah.
  2. Campur tepung terigu dan tepung sagu, masukkan telur, air dan garam, masak hingga kental.
  3. Kemudian siapkan pasta pempek, masukkan isi pepaya muda ke dalam pempek.
  4. Siapkan minyak dalam wajan goreng pempek sampai kuning kecoklatan.
  5. Setelah itu, Anda mempersiapkan saus sebagai pendampingnya pempek satu ini memiliki rasa yang khas.

Pempek Gado-Gado

Pempek Godo-Godo berbentuk bulat tanpa menggunakan bahan campuran ikan, mungkin belum banyak yang tahu jenis pempek ini. Bahan utama pempek godo-godo adalah tepung terigu, garam, telur, air panas, dan irisan daun bawang.

Pempek Godo-Godo adalah jenis pempek tanpa bahan ikan. Alasannya, dengan naiknya harga ikan, pempek godo-godo menjadi pilihan bahan non ikan. Inilah cara membuatnya:

  1. Persiapkan bahan seperti minyak goreng, telur, bawang, garam, tepung terigu 1/4 kg, serta air panas.
  2. Lanjut ke cara memasak, siapkan wadah untuk adonan.
  3. Tempatkan tepung terigu dalam mangkuk dan tambahkan air panas dan aduk hingga merata.
  4. Tambahkan 1 butir telur, daun bawang cincang dan garam.
  5. Jika adonan sudah mengembang, siapkan sendok. Lalu step selanjutnya, buat adonan bulat kecil.
  6. Panaskan minyak goreng dan goreng pempek godo-godo hingga berwarna keemasan. Dan, selesai, pempek siap untuk Anda santap.
Anda bisa mempersiapkan saus pendamping agar pempek semakin nikmat. Anda juga bisa menambahkan acar timun sebagai pelengkap. Mudah bukan resep pempek tanpa ikan di atas?

0 Komentar

Posting Komentar