Resep Martabak Manis Dijamin Ketagihan

Sumber: Pixabay.com

Martabak adalah makanan tradisional yang populer di beberapa negara Timur Tengah dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Martabak terdiri dari adonan roti yang tipis yang digulingkan dan diolesi dengan minyak, lalu dibakar hingga kering. Setelah itu, adonan roti tersebut diisi dengan berbagai macam bahan seperti daging, sayuran, telur, dan keju. Martabak bisa diolah dengan cara digoreng atau dibakar.

Ada dua jenis martabak yang paling umum, yaitu martabak manis dan martabak savory. Martabak manis biasanya diisi dengan bahan-bahan seperti kacang-kacangan, keju, dan coklat, sementara martabak savory biasanya diisi dengan bahan-bahan seperti daging, sayuran, dan telur.

Martabak merupakan makanan yang sangat lezat dan banyak disukai oleh banyak orang. Hal ini membuat martabak menjadi makanan yang umum ditemukan di warung-warung makan atau restoran di Indonesia dan negara-negara lainnya.

Dan berikut adalah cara membuat martabak manis sederhana:

Bahan-bahan:

500 gram tepung terigu

50 gram gula pasir

1 1/2 sendok teh ragi instan

1 sendok teh garam

3 sendok makan minyak sayur

300 ml air hangat

Margarin untuk olesan

Kacang-kacangan, keju, atau cokelat batang untuk isian

Langkah-langkah:

Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam dalam wadah besar, Aduk hingga rata, tambahkan minyak sayur dan air hangat, aduk hingga adonan tercampur rata dan menjadi lembut, lalu kocok adonan selama 5 menit hingga adonan kenyal dan elastis.

Selanjutnya tutup wadah dengan serbet bersih dan diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang. Ambil sejumput adonan dan pipihkan hingga tipis, olesi dengan margarin dan isi dengan kacang-kacangan, keju, atau cokelat batang. Lipat martabak menjadi setengah dan goreng hingga keemasan di atas api sedang.

Angkat dan sajikan martabak manis masih hangat. Anda juga bisa membuat martabak savory dengan cara yang sama, hanya saja mengganti isian kacang-kacangan, keju, atau cokelat batang dengan bahan-bahan seperti daging, sayuran, dan telur.

0 Komentar

Posting Komentar