Resep Ayam Goreng Favorit Keluarga, Cukup Hanya Dengan 5 Bahan Tanpa Direbus!

Halo selamat datang kembali di blog Resep Masakan Keluarga, hari ini kita akan membuat Ayam Goreng hanya dengan 5 bahan tanpa direbus, praktis dan istimewa karena ini resep yang sering dibuat mama saya. 



Ini sangat nostalgia jadi hari ini, saya membagikannya dengan anda, bahannya ayam, bawang putih banyak, tepung tapioka, cuka, dan bubuk ayam, saya menggunakan ayam pedaging, anda juga bisa menggunakan ayam jantan muda atau ayam kampung karena akan empuk tanpa direbus.


Karena kita akan merendamnya dengan cuka dan tepung tapioka, keduanya juga akan empuk saat digoreng, anda harus menggunakan bawang putih secukupnya karena harus intens juga, bubuk ayam yang saya gunakan sudah asin dan gurih. 


Jika anda agak polos, tambahkan garam dan penambah rasa, secukupnya, saya akan membuat sambal tomat, kami membutuhkan tomat, bawang merah, cabai rawit, minyak goreng, dan bumbu penyedap, kalau suka terasi, bisa ditambah 1 - 2 sachet.


Pertama, saya siapkan ayamnya, pastikan sudah dibilas hingga bersih saya akan memotongnya menjadi 14 buah sehingga mereka selesai memasak bersama, semakin besar potongannya semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak.


Tapi begitu dimasak dengan benar mereka akan lebih segar, juga jika potongannya lebih kecil mereka akan cepat matang, namun jika terlalu kecil hasilnya cenderung kering, anda juga bisa menggunakan fillet ayam untuk resep ini.


Pindahkan ayam ke dalam mangkuk besar untuk diasinkan, cincang bawang putih dengan garlic press dengan cara diblender/ditumbuk, tapi kita perlu partikelnya cukup halus agar rasanya bisa terserap dengan baik.


Kemudian, tambahkan bubuk ayam, cuka, dan tepung tapioka, campur dan pastikan semua bumbunya melapisi ayam dengan baik agar bisa terserap, seperti yang saya katakan, kami menggunakan tepung tapioka dalam bumbunya agar dagingnya empuk dan kulitnya renyah.


Ini bukan Ayam Goreng tipe KFC, Di sini kita akan menggunakan adonan basah, tapi akan menjadi renyah, cuka juga memainkan peran kunci ini mengurangi bau ayam dan membantu aroma dari bawang putih dan bubuk ayam menembus daging, juga itu akan membuat ayam mengembangkan warna yang lebih baik dan renyah saat digoreng.


Jangan khawatir itu tidak akan membuat ayam terasa asam karena akan menguap saat digoreng, sekarang tutup mangkuk dengan bungkus plastik, rendam setidaknya selama 30 menit karena ukurannya cukup besar jika anda punya waktu rendam selama 1 - 2 jam pada suhu kamar atau rendam lebih lama di lemari es untuk mencegah kontaminasi.


Tapi sekitar 30 menit hingga 1 jam sebelum digoreng, keluarkan ayam untuk menurunkannya ke suhu kamar, jadi ayamnya dimasak sampai ke tengah jika bagian tengahnya terlalu dingin, akan sulit untuk digoreng dan dimasak, selain sambal tomat, sambal apapun cocok dengan Ayam Goreng ini karena hidangannya cukup sederhana.


Rasanya cukup netral untuk disandingkan dengan sambal apapun, seperti Sambal Terasi, Sambal Matah, atau Sambal Bawang, untuk sambalnya, belah dua bawang merah agar cepat matang, cabai rawit juga dibelah dua agar tidak pecah, iris juga tomatnya, saya menggunakan 3 pcs yang berukuran sedang, jika milik anda besar gunakan hanya 2 pcs.


Tambahkan minyak secukupnya ke dalam wajan dan tumis bawang merah sebentar, masukkan cabai rawit dan tumis hingga harum dan lembut, jika anda ingin menggunakan terasi, tambahkan sekarang, Kami akan memasak dan menumbuk semuanya. 


Setelah lunak pindahkan ke mangkuk batu, anda juga bisa menggunakan food processor untuk batch besar, di wajan yang sama tumis tomat, saya lebih suka menutupnya karena akan berantakan karena kandungan airnya yang tinggi.


Kembali ke cabai rawit dan bawang merah, bumbui dengan garam dan gula, saya menambahkan gula yang cukup banyak sehingga agak manis, tambahkan juga beberapa penambah rasa, hancurkan hingga kekentalan yang diinginkan, apakah halus atau tebal. 


Setelah tomat terlihat seperti ini, tumbuk dengan cabai, dll, sekarang siap disajikan jika anda menggunakan food processor, haluskan sampai anda mendapatkan kekentalan yang Anda inginkan, jika anda ingin sambal bertahan lebih lama, tumis di wajan setelah dihaluskan, ini menurunkan kadar air dan mensterilkan sambal karena kita tidak tahu seberapa bersih food processor atau mangkuk batu itu.


Masak sebentar hingga berminyak lalu sisihkan, saya akan menyajikan hidangan hari ini di set penjaga piring yang akan menjaga kebersihan makanan anda saat disimpan, bisa juga disebut sebagai food cover milenial, saya mendapatkan ini dari Dusdusan.


Dusdusan merupakan e-commerce yang merangkap sebagai komunitas reseller terbesar di Indonesia, jadi, para pekerja kantoran atau ibu rumah tangga bisa memiliki pekerjaan sampingan dan mendapatkan penghasilan melalui Dusdusan, cari di google untuk info lebih lanjut.


Sambalnya sudah matang dan ayamnya sudah direndam selama lebih dari 1 jam agar semuanya terserap dengan baik, ayo goreng ayamnya, panaskan minyak dan goreng dengan api besar, ayam harus pada suhu kamar jika masih dingin akan sulit dimasak. 


Setelah ayam mengeras, kita bisa menurunkan api menjadi sedang-kecil, ayamnya empuk, juicy, dan beraroma meskipun kami tidak mengasinkannya lama, Menariknya, kulitnya tidak renyah seperti ayam goreng tepung, ringan dan segar, memiliki aroma bawang putih yang tidak pahit, juga lihat warna kemerahan yang indah ini.


Itu sebabnya kami menambahkan cuka, agar ayamnya lebih renyah dan ringan, dada ayam biasanya kering, tapi ini beraroma dan empuk, jika anda sering memasak makanan Cina, Anda pasti tahu bahwa tepung tapioka membuat dada ayam pun menjadi empuk. 


Sambalnya ringan dan tidak terlalu pedas, segar karena tomat dan jeruk purut, rasanya juga manis, jadi bisa dinikmati dengan nasi saja, pastikan Anda menggunakan pengukuran yang benar, gunakan bubuk ayam secukupnya, atau akan menjadi tawar, Anda juga harus menggunakan tepung tapioka dan cuka, Terima kasih telah membaca artikel yang saya bagikan untuk anda, Kalau recook masakan ini, tag @resepmasakankeluarga dan jika Like, share, comment, dll. Stay tuned dan sampai jumpa di artikel berikutnya!


0 Komentar

Posting Komentar