Resep TEMPE GORENG TEPUNG Favorit Keluarga, Renyah & Wangi!

Halo! Selamat datang kembali di blog saya, Resep Masakan Keluarga. Hari ini, kita akan membuat Tempe Goreng Adonan, ada banyak jenisnya, Mendoan, Tempe Renyah, dan lain-lain.



Resep hari ini adalah salah satu yang sering saya buat di rumah, tempenya tipis tapi lapisannya tebal dan beraroma, renyah di luar namun lembut di dalam, dan kami akan menggunakan banyak daun bawang dan seledri agar beraroma dan menggugah selera.


Bahan-bahannya sederhana, Pertama, kita membutuhkan tempe, untuk pelapisnya saya menggunakan tepung terigu, maizena, dan tepung beras. Anda bisa menggunakan tepung terigu dan tepung maizena saja atau tepung terigu dan tepung beras saja. 


Campuran ini akan membuat teksturnya lebih renyah. Bumbu lainnya termasuk bawang putih cincang, bubuk ketumbar, dan kunyit (opsional). Jika saya sedang terburu-buru, saya melewatkan kunyit. Kita juga membutuhkan banyak daun bawang dan seledri untuk membuat Tempe Goreng Adonan gurih, baik untuk cemilan maupun lauk. 


Untuk adonannya, kita membutuhkan air dan baking powder. Baking powder adalah opsional. Anda bisa melewatkannya. Dalam resep ini, saya tidak akan menggunakan telur. Menambahkan telur ke dalam adonan akan membuat hasil akhirnya mudah lembek. 


Rasanya lembut dan harum tapi kerenyahannya tidak bertahan lama, jadi saya lebih suka tidak menggunakan telur. Ayo mulai. Sesuaikan ketebalan dan ukuran tempe dengan keinginan Anda. Saya akan mengirisnya dengan lebar sehingga irisannya lebih besar. 


Kemudian, iris bawang hijau. Iris bagian putih lebih tipis dari bagian hijau. Iris juga seledri, dan iris halus bagian batangnya agar teksturnya tidak mengganggu. Jika Anda tidak suka seledri atau tidak punya, lewati saja. 


Sekarang, mari kita membuat adonan. Siapkan mangkuk dan masukkan tepung terigu, maizena, dan tepung beras. Tambahkan baking powder, tapi lewati saja jika tidak ada. Kemudian, bumbui dengan garam, penyedap rasa, dan lada. Tambahkan bubuk ketumbar, kunyit, dan bawang putih. Aduk, dan tambahkan air secara perlahan. 


Kami akan membuat adonan kental, jadi tambahkan air sedikit demi sedikit. “TIPS & TRIK” Buat adonan kental agar lapisan tempe lebih kental. Ini adalah konsistensi yang Anda inginkan untuk membuat lapisan yang lebih tebal dan beraroma, yang saya sukai. Jika ingin lapisan yang tebal, Anda juga harus memastikan bahwa adonan cukup gurih dan tidak terasa kempes. 


Setelah adonan siap, panaskan minyak. Pastikan sudah panas sebelum digoreng agar lapisannya tidak padat. Oke. Kami akan menggoreng tempe sekarang karena minyaknya sudah panas. Sebelum menggoreng, cek minyak dengan cara menggoreng adonan sedikit demi sedikit. Kemudian, beri adonan goreng sesuai selera. Jika minyak sudah cukup panas dan rasanya seimbang, masukkan tempe ke dalam adonan dan lapisi, agar daun bawang juga menutupi bagian atasnya seperti ini. 


Lalu goreng tempe dalam minyak panas dengan cara dibolak-balik seperti ini agar adonan lebih garing. Lanjutkan proses ini. Lihat! Begitu Anda menambahkan tempe yang sudah dibumbui , adonan langsung bereaksi dan langsung mengapung ke atas. Jika milik Anda tidak berperilaku seperti ini , berarti minyaknya tidak cukup panas. 


Sekarang, goreng semuanya dengan api sedang sampai Anda mendapatkan kematangan yang Anda inginkan. Saya akan membuatnya lebih renyah dari Mendoan tetapi tidak terlalu renyah. Setelah berwarna cokelat keemasan, angkat dari api. 


Sambal Kecap Manis sudah saya siapkan sebagai sausnya. Resepnya sudah saya share di artikel Tahu Goreng saya. Anda bisa menggunakan saus lain, seperti Rujak Sambal. Resepnya sudah saya share di artikel Cireng saya. 


Secara keseluruhan mirip dengan Mendoan, namun lebih renyah dan harum. Renyah di luar tapi lembut di dalam berkat tepung maizena. Anda tidak akan mendapatkan hasil ini jika hanya menggunakan tepung. Selain itu, tempenya tipis tapi lapisannya beraroma, harum, dan tidak rata karena bawang putih dan daun bawang. 


Saya pikir seledri menambah kesegaran pada hidangan, tapi rasanya tetap enak meski Anda melewatkannya. Ini camilan yang enak, apalagi jika dipadukan dengan saus manis. Lihat saus celup lainnya yang sudah saya bagikan sebelumnya, seperti Sambal Rujak, Sambal Kecap Manis, dll . Terima kasih telah membaca, jika anda Suka, ayo berlangganan blog saya, lalu bagikan, dan jangan lupa berkomentar di bawah ini. Stay tune dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

0 Komentar

Posting Komentar