Resep Mie Kuah Pedas Jjampong, 100% Bahan Lokal

Halo! Selamat datang kembali di blog resep masakan keluarga, Hari ini, kita akan membuat Sup Mie Seafood. Ini adalah mie kuah rasa seafood yang terinspirasi dari Jjampong, hidangan pedas ala Korea. 



Resep ini tidak memberi anda rasa asli korea, tapi tetap enak, bagian yang paling menonjol adalah kita akan membuat kaldu udang dari kulit dan kepala udang, jika anda biasanya membuangnya, sekarang jangan dibuang, cangkang dan kepala udang bisa menjadi kaldu yang enak. 


Saat kita makan mie kuah atau ramen, kuahnya adalah yang paling penting karena merupakan ciri utama, saat ini orang suka menggunakan kaldu tulang seperti Tori Paitan, ada juga stok berbasis dashi atau shoyu yang lebih jelas. 


Kaldu udang adalah kaldu yang kaya dan gurih, tetapi kita dapat membuatnya dalam waktu yang relatif lebih singkat dari pada kaldu tulang dan lain-lain, ini akan cepat dibuat tetapi coba saja, rasanya akan sangat terasa, untuk kaldu, kami menyediakan kulit dan kepala udang, merica, bawang putih, dan bawang merah, sangat sederhana.


Untuk sup mie seafood, bahannya terserah anda, saya menggunakan cumi, udang, dan daging sapi, anda dapat menggunakan apa pun yang anda inginkan, seperti kerang untuk sayuran, saya menggunakan sawi putih, wortel, daun bawang, bawang merah, dan jamur, ada juga cabai hijau untuk hiasan. 


Untuk bumbunya ada kecap ikan, chicken powder, lewati bubuk cabai jika Anda tidak suka makanan pedas, kemudian bawang putih dan saus cabai lalu tentu saja inilah mie yang saya buat sendiri, itu dibuat tanpa mesin apapun, anda hanya perlu pisau, mudah dibuat karena adonannya tidak terlalu sulit untuk diuleni.


Selain itu teksturnya yang lembut sangat cocok untuk hidangan berkuah, pertama, kita akan membuat kaldu udang, jadi pertama, panaskan wajan. Saya menggunakan panci dari ‘’Tefal's So Chef Series’’, seperti yang anda lihat kualitasnya sangat tinggi dan tebal, ini memiliki fitur Thermo Signal, indikator panas. 


Setelah pola berubah menjadi polos, berarti loyang sudah siap digunakan, ini sangat membantu dalam memasak, terutama menumis, jika kita menumis sayuran di atas wajan dingin, wanginya akan berkurang. Oke, tambahkan sedikit minyak sekarang, tunggu sampai memanas. Selanjutnya, masukkan udang, cangkang udang, maksud saya. 


Tambahkan bawang merah, bawang putih, dan merica, goreng sampai garing, harum, dan sampai minyak menjadi merah, yang akan membuatnya sangat lezat, sambil menunggu, kami akan menyiapkan sayuran, anda bisa mengiris sayuran sesuka anda, tetapi untuk hidangan mie, saya lebih suka mengirisnya memanjang, ini akan memberikan rasa yang enak ketika dimakan bersama dengan mie sehingga akan ada banyak tekstur yang terjadi. 


Setelah sayuran diiris, periksa udangnya, ini jauh lebih segar sekarang, tapi itu belum cukup, kami membutuhkannya agar benar-benar renyah agar aromanya terekstraksi dengan benar, jika anda memiliki tenaga dan waktu ekstra, tekan udang agar lebih cepat renyah.


Oke, berasap dan baunya sangat enak, saya berharap anda bisa menciumnya, kita bisa mematikan panasnya sekarang, ini sangat renyah sekarang, kami akan membakar panci dengan air. Seperti yang Anda lihat, kaldu langsung berubah menjadi warna merah pekat, untuk membuat kaldu yang lebih kaya, kami akan memadukan ini, anda bisa menggunakan blender tangan atau blender yang anda punya dirumah, Blender yang saya pakai juga dari Tefal, itu terbuat dari kaca sehingga tidak akan berbau saat saya memblender bumbu, yang saya suka.


Sekarang, saring kaldu. kumpulkan ampasnya, seperti yang anda lihat, stoknya terlihat sangat creamy, ini memiliki aroma udang yang sangat kuat, ini tidak dibumbui. Mari mencicipi, stok sangat terkonsentrasi, kita bisa mengencerkannya dengan air jika ingin menggunakannya, selain mie yang kami buat, kami juga bisa membuat ‘’Prawn Bisque Soup’’ dari kaldu ini.


Cukup campurkan nasi, krim, sedikit bumbu, dan haluskan dengan pasta tomat, anda juga bisa membuat Sup Tom Yum dari kaldu ini, Cukup tambahkan pasta Tom Yum, Seperti yang anda lihat, stoknya sangat kaya. Oke, stok sudah habis! Ini sangat mudah dan cepat. Sekarang kita olah Jjampong atau mie kuah dupe ini.


Rasa di sini tidak benar-benar Korea, kami akan menumis terlebih dahulu, ayo siapkan cumi-cuminya, jangan sampai menyentuh sayuran, iris, tapi jangan sampai ke bawah, iris secara diagonal seperti itu, setelah selesai potong menjadi persegi, ini siap direbus, dengan menggunakan kuah ini, masakan sudah terasa mewah. 


Anda bahkan bisa memadukannya dengan bakso instan atau chikuwa, tentu saja, tidak apa-apa untuk menambahkan lebih banyak elemen agar lebih istimewa, saya akan menumis bawang putih, lalu bawang, kami membuat 1 porsi, jadi tambahkan sedikit dari setiap sayuran, masukkan wortel, karena So Chef dan wajan lain dari Tefal ini antilengket, kita bisa mengurangi jumlah minyak saat menumis.


Saat membeli wajan, pilihlah yang berkualitas tinggi dengan ketebalan yang tepat agar panasnya merata, selanjutnya tuangkan air, tambahkan juga kaldu, ini adalah rasio 1:1, bubuk cabai, secukupnya, saus cabai secukupnya, saus ikan, kemudian elemen lainnya. 


Dan cumi-cumi begitu panas, mengenai cumi-cumi, ia akan langsung menggulung dengan indah, lihatlah polanya sekarang, tambahkan sayuran, sawi putih, jamur, dan daun bawang, saya suka menggunakan banyak bawang hijau untuk membuatnya harum, bumbui hidangan anda, bisa menggunakan penguat rasa atau hanya gula dan garam sederhana. 


Oke, sudah selesai, kita hanya perlu mencicipinya, rasanya benar-benar kaya, seolah-olah kita memasaknya dalam waktu yang lama padahal sebenarnya hanya memasak sebentar, ada beberapa pilihan, jika anda ingin sedikit asam, tambahkan sedikit cuka, anda juga bisa menambahkan Kimchi, yang cocok dengan ini, Anda juga bisa menambahkan Miso, pasta kedelai yang difermentasi, sesuaikan saja rasanya dengan yang anda inginkan.


Sudah bagus apa adanya, sekarang kita akan merebus mie, ingat jangan gunakan air terlalu sedikit karena mie akan menempel satu sama lain, tiriskan mie setelah direbus, minyak lembut dan agak goyang karena ada minyak di bahannya tuang kuah yang kita buat tadi, ini hidangan lengkap, ini berisi udang, cumi, dan daging sapi, jangan lupa kuahnya.


Pahlawanlah yang membuat hidangan ini sangat gurih, saya akan menambahkan sedikit cabai, kimchi, dan daun bawang yang telah direndam dalam air dingin, baunya tidak terlalu tajam dan teksturnya lebih renyah, enaknya disandingkan dengan Mie Sop, entah itu ala Korea, ala Jepang dan lain-lain. 


Lihat mie buatan tangan tapi cocok dengan Sup Mie, Mari mencicipi, anda tahu ramyeon instan kemasan itu? Mie ini sama goyangnya, jadi anda bisa membuat mie yang lebih sehat dan hemat dengan Resep Mie Kuah Pedas Jjampong, 100% Bahan Lokal.


Mari kita coba dengan sup, cobalah dengan kimchi, hidangan ini wajib dicoba, tidak hanya enak tapi nutrisinya juga cukup lengkap, Baiklah kalau begitu. Terima kasih telah membaca sampai dengan selesai, Jangan lupa subscribe, share, dll. Stay tune dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 Komentar

Posting Komentar