Cukup 10 Menit! Resep UDANG BAKAR MADU [Khas Resto Sunda]

 


Rasa yang dominan adalah manis dan gurih. Itu juga sangat harum, cukup 10 menit udang bakar madu siap disajikan. 


Halo! Selamat datang kembali di artikel saya, Resep Masakan Keluarga. Hari ini, kita akan membuat Udang Bakar Madu Sunda, Agar praktis saya memasaknya dengan wajan anti lengket, Bahannya sederhana dan sangat praktis membuatnya. 


Ayo selagi anda bisa menggunakan jenis udang yang anda suka saya menggunakan udang berukuran sedang hingga kecil yang belum dikupas, Anda juga bisa menggunakan udang yang lebih besar atau yang sudah dikupas.


Kami akan mengasinkannya dengan garam, merica, dan jeruk nipis, untuk saus madu kita membutuhkan madu biasa bukan madu yang aromanya khas seperti madu hutan, manuka, dll. Sepertinya tidak cocok untuk hidangan ini. 


Kemudian, kita membutuhkan saus tiram, margarin, saus cabai, dan saus tomat, saya menggunakan saus tomat yang digunakan untuk masakan cina, jadi warnanya merah tapi tidak memiliki rasa tomat yang kuat tapi anda juga bisa menggunakan saus tomat biasa juga jika anda tidak ingin pedas, lewati saus sambalnya. 


Pertama, saya tidak akan mengupas udangnya, tetapi saya akan memotong ujung kepalanya, seperti mata dan bagian yang tajam. Selanjutnya, saya akan kupas-kupas seperti ini dan devein. Ulangi langkah tersebut untuk sisa udang. Sekarang, kita akan mengasinkannya. 


Siapkan jeruk nipis dengan cara digulung agar lebih mudah di jus, jika kapurnya besar, gunakan setengahnya. Jika kecil, gunakan semuanya. Tambahkan sedikit garam karena kita akan memasaknya dengan saus. Tambahkan merica, lalu aduk rata. Jika menggunakan udang kecil atau kupas, Anda bisa langsung mencampurkannya dengan Saus Madu. 


Mereka akan memasak dengan sangat cepat tapi kalau pakai udang ukuran besar, sebaiknya pisahkan bumbu dan kuahnya. Jika dicampur, udang tidak akan matang di dalam sedangkan di luar sudah gosong. Marinasi sebentar sambil kita siapkan sausnya. 


Siapkan mangkuk dan tambahkan madu, beberapa orang mungkin khawatir tentang memasak madu, kita akan membicarakannya nanti. Tambahkan saus cabai bawang putih atau saus cabai biasa atau jika anda suka bawang putih, tambahkan sedikit bawang putih parut, tambahkan saus tomat, saus tiram, dan margarin suhu ruang yang mudah diaduk. Campur dengan baik. Jika terlalu kental, tambahkan 1 sdm air untuk mengencerkan agar tidak mudah gosong. Siapkan panci. Untuk memanggang udang dengan wajan antilengket, pilihlah wajan terbesar yang Anda miliki. Nyalakan api sepenuhnya dan tambahkan minyak. Kemudian, tambahkan udang untuk dimasak. Beri jarak antar udang karena akan mengeluarkan air saat dimasak. Jika Anda meletakkannya terlalu dekat, rasanya seperti direbus, anda akan kehilangan aroma panggangnya, jadi jangan membuat wajan terlalu penuh. 


Setelah udang agak kecoklatan, balikkan. Kami memasak udang setengah matang sebelum menambahkan saus agar tidak gosong karena saus manisnya. Apalagi jika ukuran udangnya besar. Sekarang, kita bisa menambahkan sausnya. Aduk sebentar tapi jangan terlalu lama karena bisa gosong dan menjadi pahit. 


Anda mungkin ingin tahu tentang memasak madu. Madu biasanya digunakan dalam memanggang di tempat yang dipanaskan. Madu tidak akan beracun saat dimasak, tetapi beberapa enzim dan nutrisi akan berkurang atau hilang. Jadi, manfaatnya bisa berkurang. Jika tidak ingin menggunakan madu, ganti dengan kecap manis atau sirup emas. Sekarang, kita bisa cicip. Rasa yang dominan adalah manis dan gurih. Ini juga sangat harum dari madu dan saus cabai. Anda juga mendapatkan aroma berasal dari margarin yang dipanaskan. Selain itu, jika Anda menggunakan wajan untuk memanggang, panas tinggi wajib dilakukan. Tapi, hati-hati dengan waktu memasaknya agar tidak gosong. Pastikan udang tidak terlalu matang agar tetap berair dan tidak kenyal. 


Hidangan ini sangat cocok dengan nasi, Sambal Terasi, tahu goreng atau tempe, dll seperti di restoran Sunda. Terima kasih telah membaca, kalau recook masakan ini, silakan berikan kontribusi Suka, berlangganan, bagikan, dan komentar di bawah ini. Stay tune dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

0 Komentar

Posting Komentar