Cireng Renyah Bumbu Rujak, Dijamin Ketagihan!!!


Hai hai semuanya ketemu lagi di blog Resep Masakan Keluarga, di artikel kali ini mimin buat cireng bumbu rujak nah mau tau cara buatnya baca sampai abis ya, jangan lupa ikuti, like comment di artikel kali ini ,agar tidak ketinggalan resep terbaru dari kami terima kasih.


Siapkan wadah masukkan 210 gram tepung tapioka, dua batang daun seledri yang telah diiris halus ini saya ambil bagian daunnya aja.


Dua batang daun bawang yang telah diiris halus lalu disisihkan dulu, siapkan panci untuk memasak, saya gunakan glopen series dari Saint Quest, masukkan siung bawang putih yang telah dihaluskan, ini saya taruh setengah sendok teh kaldu bubuk setengah sendok teh lada bubuk setengah sendok teh garam 30 gram, tepung tapioka 200 ml, air putih lalu aduk hingga tercampur rata.


Nah ini sudah tercampur rata kemudian ini dimasak hingga mengental mengkilap seperti lem gunakan api sedang sambil terus diaduk agar bagian bawahnya enggak mudah gosong, nah ini adonannya udah mengental mengkilap seperti lem ,matikan api kompornya dalam keadaan panas.


Langsung dituang kedalam tepung selanjutnya aduk adonan hingga tercampur rata aja nggak sampai kalis boleh diaduk dengan spatula atau sendok kayu kalau diaduk sampai kalis nanti setelah digoreng hasilnya akan keras ya Jadi ini di aduk sampai tercampur rata aja.


Bentuknya bergumpal-gumpal seperti ini nah ini diaduk nya udah cukup jadi enggak sampai kalis, Ambil sedikit adonan pipihkan perlahan, kira-kira seperti ini Ini udah cukup lakukan hingga seluruh adonan selesai dibentuk setelah adonan selesai dibentuk ini siap untuk digoreng Panaskan minyak didalam pen.


Saya gunakan fripain Diamond series dari sendok, jadi minyaknya ini jangan terlalu panas cukup panas sedang aja lalu masukkan adonan secukupnya ke dalam minyak goreng menggunakan api sedang hingga cirengnya mateng, setelah kirimnya mulai kokoh balik cireng agar matangnya merata.


Nah ini caranya udah mengapung dan mengembang warna daun seledrinya udah mulai kecoklatan ini tandanya cireng nya udah matang lalu angkat dan tiriskan cireng dari minyak lalu lanjut goreng sisa adonan.


Untuk menghaluskan bumbunya saya gunakan co percaya 200 dari mitochiba masukkan 10 buah cabe rawit dan setengah siung bawang putih 75 gram gula merah ini gula merahnya udah saya potong kecil-kecil supaya lebih cepat halus seperempat sendok teh garam 1 sendok makan air asam jawa 100 ml air putih, Coker hingga halus dan tercampur rata, nah ini bumbunya udah halus Kalau mau diulek juga boleh Saya pakai chooper supaya lebih praktis dan lebih cepat.


Bumbunya ini bisa langsung dimakan kalau mau direbus dulu juga boleh sesuai selera kalian, ini dia cirengnya udah selesai saya tiriskan dari minyak, ini saya ambil satu-satu resep ini dapatnya 13 cireng seukuran yang saya buat dari sobekan nya berasa Kalau kulitnya ini renyah dan bagian dalamnya lembut, langsung cocol ke bumbu rujak bismillah rasanya enak banget mantep bagian kulitnya ini pinggirannya renyah dan bagian dalamnya lembut kenyal sambalnya juga enak banget pedas asam manis ,rasanya enak banget gurih mantep recommended.


0 Komentar

Posting Komentar