Cara Membuat Jamur Crispy, Simak Tipsnya agar Tidah Mudah Melempem

Cara membuat jamur crispy menarik untuk Anda ketahui! Jamur untuk keperluan konsumsi memiliki cita rasa yang cukup unik. Teksturnya yang kenyal seperti daging serta bentuknya sangat menggoda ketika dihidangkan. Tak heran jika jamur menjadi salah satu olahan favorit, sebagian besar masyarakat Indonesia.

Jenis jamur untuk konsumsi ada banyak sekali. Sebut saja jamur kuping, tiram, merang, shiitake, hingga kancing. Keseluruhan jenisnya bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasar tradisional maupun supermarket.

Ini Dia Cara Membuat Jamur Crispy, Enak dan Gurih!

Resep Cara Membuat Jamur Crispy
pixabay.com

Cita rasa khas jamur juga tidak lepas dari cara pengolahannya. Apabila pengolahannya tepat, maka hidangan jamur semakin nikmat untuk disantap. Jamur segar yang biasanya dijual di pasar memiliki kandungan air sangat tinggi. Hal tersebut membuat teksturnya lebih mudah rusak.

Jika tidak segera diolah, umumnya jamur menjadi layu, lembek bahkan membusuk. Disarankan untuk menyimpan ke dalam kulkas, apabila Anda belum ingin memasak. Sehingga kesegaran jamur senantiasa terjaga.

Jamur crispy sendiri merupakan olahan populer dari bahan satu ini. Bahkan, harganya bisa semakin mahal jika sudah dihidangkan di restoran atau kafe. Untuk menghemat budget, Anda tentu bisa membuatnya sendiri di rumah. Penasaran bagaimana cara membuat jamur crispy? Ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

1. Siapkan Bahan Baku

Langkah paling awal sebelum membuat jamur crispy tentu saja menyiapkan bahan-bahan. Sebenarnya, cara membuat jamur crispy tidak memerlukan bahan baku yang ribet. Cukup siapkan beberapa hal seperti di bawah ini.

·         Jamur tiram sesuai selera.

·         1 bungkus tepung terigu atau tepung bumbu serbaguna.

·         1 sdm tepung tapioka agar semakin crispy.

·         3 sdm tepung maizena untuk pelapis.

·         Minyak goreng.

2. Proses Membuat Jamur Crispy

Setelah semua bahan-bahan siap, berikutnya adalah mengolah menjadi hidangan jamur crispy yang kriuk sepanjang hari. Berikut langkah-langkah membuatnya. 

·         Pertama, ambil jamur tiram kemudian buang pada bagian akarnya.

·         Setelah bagian akar terpotong, lanjutkan dengan mencuci jamur hingga bersih. Mengingat jamur tumbuh di tanah dan kayu, membuatnya banyak membawa kotoran.

·         Jamur tiram yang sudah bersih kemudian disuir-suir menjadi bagian lebih kecil seperti suwiran ayam.

·         Campur semua bahan tepung pelapis ke dalam wadah, lalu masukkan semua jamur.

·         Remas-remas hingga semua bagiannya terbalut dengan tepung.

·         Setelah merata, masukkan ke dalam wajan berisi minyak panas.

·         Aduk sesekali, lalu angkat dan tiriskan setelah warnanya kuning keemasan.

·         Jamur crispy siap dihidangkan.

Tips Membuat Jamur Crispy agar Enak dan Tidak Mudah Melempem

Banyak orang menggoreng jamur dan mengeluhkan hasilnya tidak sekriuk harapan. Bahkan, baru diangkat dari wajan saja sudah melempem. Karena itu, Anda perlu mengikuti beberapa tips berikut ini supaya hasilnya semakin maksimal.

1. Potong Setipis Mungkin

Agar teksturnya semakin crispy, Anda perlu memotongnya setipis mungkin. Hal ini mengingat jamur tiram banyak mengandung air, sehingga potongan yang terlalu tebal justru membuat crispynya tidak maksimal.

2. Tepung Tidak Perlu Ditambah Air

Baluran tepung untuk pelapis sebaiknya kering saja. Tidak perlu menambah air ke dalam campuran tepung tersebut. Karena air di dalam jamur sudah mampu merekatkan tepung ke seluruh bagiannya.

3. Perhatikan Durasi Menggoreng

Jangan lupa untuk memperhatikan waktu menggorengnya. Upayakan benar-benar tepat, sehingga tidak terlalu matang maupun mentah. Memasak jamur dengan durasi terlalu lama bisa membuat warnanya menjadi pucat dan tidak menarik.

4. Tidak Perlu Menambah Penyedap

Pada dasarnya, jamur sudah memiliki kandungan glutamat. Cairan ini sudah bisa menghasilkan cita rasa yang mirip kaldu alami. Menambahkan penyedap ke dalam adonan jamur justru bisa menghilangkan cita rasa aslinya.

Nah, itu tadi uraian tentang cara membuat jamurcrispy, lengkap dengan tips menggoreng agar hasilnya maksimal. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Posting Komentar