Resep Fish Stick Enak dan Renyah, Coba Sekarang!

Resep fish stick yang renyah dan enak pantas untuk diketahui. Apabila sudah bosan dengan nugget ayam bisa membuat fish stick untuk lauk atau camilan. Tekstur yang mudah digigit, empuk, dan ikan dibalut tepung yang renyah pasti disukai banyak orang.

Resep Fish Stick yang Enak dan Renyah

Cara Membuat Fish Stick Enak dan Renyah
Fish Stick


Gorengan memang selalu menjadi favorit banyak orang. Oleh karena itu harus diracik dengan bahan-bahan yang berbeda supaya tidak mudah bosan dan asupan nutrisinya bisa tercukupi. Selain ayam goreng dan nugget, fish stick juga bisa menjadi pilihan lauk untuk bekal. 
 
Daging ikan yang kaya akan lemak sehat dan protein serta lapisan tepung yang renyah pasti sangat disukai. Apabila akan dibuat frozen food gorenglah setengah kering lalu simpan pada freezer jika akan dinikmati goreng sampai kering. Berikut ini merupakan resep fish stick yang sangat mudah dibuat:

1. Fish Stick Renyah Saus Mayones

Fish stick memiliki tekstur yang renyah dan pasti disukai banyak orang. Proses pembuatannya cukup mudah dan bahan yang diperlukan juga mudah didapat. Berikut ini merupakan cara membuat fish stick renyah saus mayones:

 
Bahan:
 
1. 500 gram fillet ikan kakap atau dori.
2. 1/2 sdt merica bubuk.
3. 1/2 sdt garam.
4. 3 sdm tepung terigu.
5. 2 sdm air jeruk nipis.
6. 200 gram tepung terigu.
7. 1 sdm bawang putih bubuk.
8. 300 ml air.
9. Mayones untuk saus.
 

Cara membuatnya:

1. Potonglah fillet ikan dengan ukuran 1x4 cm.
2. Kemudian lumuri dengan garam, air jeruk nipis, dan merica sampai rata.
3. Setelah itu, lumuri dengan tepung terigu tipis-tipis.
4. Untuk adonan masukan tepung terigu, merica bubuk, bawang putih, soda kue, dan garam dalam wadah dan aduk sampai rata.
5. Tuang air pada bahan adonan dan aduk sampai rata.
6. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
7. Masukkan ke dalam wajan potongan ikan yang sudah dicelupkan dalam adonan tepung.
8. Goreng sampai lapisan tepung kering kecoklatan.
9. Sajikan fish stick dengan saus mayones.

2. Fish Stick Saus Keju Telur Asin

Selain membuat fish stick dengan cocolan mayones, kamu juga bisa membuat fish stick dengan saus keju telur asin. Cara membuatnya juga sangat mudah kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

 
Bahan:
 
1. 300 gram ikan dori yang dipotong 2x5 cm.
2. 1/4 sendok teh garam.
3. 1/2 sendok teh air jeruk nipis.
4. 1/8 sendok teh merica bubuk.
 
Bahan lapisan:
 
1. 50 gram tepung beras.
2. 100 gram tepung terigu protein sedang.
 
Bahan pencelup:
 
1. 100 gram tepung terigu.
2. 1/2 sendok teh bubuk bawang putih.
3. 1/2 sendok teh garam.
4. 150 ml air es.
 
Bahan saus:
 
1. 2 sdm tepung terigu protein sedang.
2. 2 sdm mentega tawar.
3. 2 butir kuning telur asin.
4. 150 gram keju.
5. 1/4 sendok teh bubuk cabai.
6. 500 ml air.
 

Cara membuatnya:

 
1. Pertama, lumuri ikan dengan garam merica dan air jeruk, lalu biarkan selama 15 menit agar meresap.
2. Selanjutnya celupkan ikan ke dalam bahan pencelup lalu gulingkan pada atas bahan pelapis. 
3. Goreng sampai kuning kecoklatan lalu angkat.
4. Untuk saus, blender telur asin dan air hingga lembut. Lelehkan mentega tawar lalu masukkan tepung terigu protein sedang. Kemudian aduk hingga bergumpal dan tuangkan banderan telur asin sedikit demi sedikit. Masukkan cabe bubuk dan keju lalu aduk hingga keju leleh dan meletup-letup.
5. Sajikan fish stick dengan saus.
 

Mengulas Sejarah Fish Stick

Resep fish stick tidak terlepas dari sejarah panjang makanan laut yang telah ada selama ribuan tahun. Fish stick modern, bagaimanapun, memiliki akar yang lebih kontemporer. Konsep fish stick pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 1920-an. Namun, bukan berarti fish stick seperti yang kita kenal sekarang langsung ada. Awalnya, hidangan ini adalah eksperimen kuliner yang dikenal sebagai "fish fingers" dan ditemukan oleh seorang ahli gizi bernama Clarence Birdseye.


Clarence Birdseye adalah seorang pionir dalam pengembangan metode pembekuan makanan. Pada awal abad ke-20, ia menemukan metode pembekuan makanan yang cepat, yang kemudian dikenal sebagai "flash freezing." Metode ini memungkinkan bahan makanan, termasuk ikan, untuk tetap segar dan nutrisi selama proses pembekuan.


Idea resep fish stick muncul ketika Birdseye memutuskan untuk mencoba menggabungkan ikan yang telah dibekukan dengan lapisan renyah. Ide tersebut kemudian menghasilkan makanan laut yang sangat disukai oleh banyak orang. Fish stick yang pertama kali diciptakan oleh Birdseye adalah inovasi dalam dunia makanan beku dan menjadi dasar dari apa yang kita nikmati hari ini.


Fish stick dengan cepat menjadi populer di Amerika Serikat, terutama sebagai makanan yang disukai anak-anak. Kepopuleran ini meluas ke seluruh dunia, dan sekarang fish stick adalah hidangan yang disajikan di restoran, kantin, dan juga di rumah. Resep fish stick telah mengalami berbagai variasi, dengan berbagai lapisan dan bumbu untuk mengakomodasi selera beragam.


Nah, itu tadi ulasan tentang resep fish stick yang lezat dan renyah. Resep ini dapat kamu tiru untuk lauk bekal anak sekolah. Dengan begitu anak pasti akan lahap untuk memakan bekalnya. Pastikan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar supaya mendapatkan tekstur yang sesuai keinginan.

0 Komentar

Posting Komentar