Ini Dia Cara Membuat dan Resep Dimsum Ayam Jamur

 Ini Dia Cara Membuat dan Resep Dimsum Ayam Jamur

Ini Dia Cara Membuat dan Resep Dimsum Ayam Jamur
resepfrozenfoodkita.com

Resep dimsum ayam jamur
- Mungkin beberapa dari kalian sudah tidak asing dengan nama makanan yang satu ini. Memang tidak bisa dipungkiri, dimsum merupakan salah satu makanan dari Hong Kong yang dimakan sebagai sarapan atau makan siang. Namun, karena makanan ini populer di dunia, maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin.

 

Sebenarnya, dimsum itu sendiri memiliki beberapa sebutan lain negara asalnya. Lalu, mengapa namanya dimsum? Kata dimsum sendiri adalah sebuah istilah dari bahasa Kanton yang artinya adalah makanan kecil. Namun, berbeda dengan bahasa Mandarin, makanan ini disebut dianxin yang memiliki arti sedikit dari hati atau menyentuh hati, terdengar sangat aneh bukan.

 

Terlepas dari itu, memang makanan ini menjadi salah satu makanan populer dan favorit semua orang. Oleh karena itu, tak jarang seringkali kita menikmatinya dengan bersantai sambil menikmati hari libur. Namun, apakah kamu sudah mengetahui resepnya? Jika, benar-benar tidak mengetahuinya. Pastikan untuk mengikuti pembahasan menarik mengenai resep dimsum ayam jamur dan cara membuatnya. Penasaran?Yuk!simak.


Apa perbedaan antara dimsum dan siomay?

Meski bentuknya hampir mirip, tetapi terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya. Siomay menggunakan bahan daging ikan, sehingga rasa dan aromanya lebih kuat. Jenis ikan yang digunakan umumnya ikan tenggiri. Sedangkan, dimsum bisa menggunakan berbagai jenis protein, seperti ikan, ayam, daging sapi, hingga jamur.


Kenapa dimsum banyak diminati?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimsum ini merupakan salah satu makanan populer yang memiliki banyak peminat. Mengapa demikian? Selain teksturnya yang terasa gurih, dimsum juga sangat cocok di lidah masyarakat indonesia lho. Menariknya, dimsum tergolong jenis makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menjalankan diet. Karena dimsum disajikan dengan cara dikukus, sehingga hanya memiliki 112 kalori per 100 gram saja.


Resep Dimsum Ayam Jamur

Sebelum memulai membuat dimsum ayam jamur, tentunya kamu perlu menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Berikut beberapa bahan tersebut:


Bahan-bahan

      500 gram daging fillet ayam.

      100 gram jamur kuping yang sudah direbus

      2 butir telur yang sudah di kocok halus.

      1 batang daun bawang yang sudah di cincang dengan halus.

      100 gram tepung tapioka.

      ½ buah wortel ( opsional).

      Kulit dimsum atau kulit pangsit secukupnya.


Bahan-Bahan Bumbu

      5 siung bawang putih yang sudah dihaluskan.

      ½ sendok teh lada bubuk.

      ½ sendok teh kaldu bubuk rasa ayam.

      2 sendok makan minyak wijen.

      1 sendok makan saus tiram.

      dan yang terakhir, garam secukupnya.


Cara Membuat Dimsum Ayam Jamur


Setelah menyiapkan bahan-bahan seperti diatas, langkah selanjutnya tentu kamu perlu membuat dimsum ayam jamur tersebut. Jika masih kebingungan, saya akan memberikan beberapa langkah sederhana seperti berikut ini:

 

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat dimsum ayam jamur.

 

  1. Rebus jamur yang akan digunakan, setelah itu jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih. Jika sudah benar-benar bersih kamu perlu mencincang jamur tersebut.

 

  1. Tahap berikutnya dalam cara membuat dimsum ayam jamur, parut wortel yang sudah kamu kupas dan cuci sebelumnya.

 

  1. Tambahkan daun bawang, telur, wortel yang sudah diparut, dan tepung tapioka. Pastikan semua bahan-bahan tersebut diaduk dengan rata.

 

  1. Tambahkan jamur yang akan kamu gunakan dan semua bumbu ke dalam adonan. Aduk hingga merata seluruhnya, pastikan kamu mencobanya terlebih dahulu. Agar nantinya jika rasa kurang gurih dan lain sebagainya, kamu bisa menambahkan bumbu lain.

 

  1. Jika adonan sudah benar-benar jadi semua, dalam tahap ini kamu perlu mengambil 1 lembar kulit dimsum atau kulit pangsit dan isi bagian tengahnya dengan adonan. Kamu bisa mengisinya dengan sendok atau beberapa peralatan lainnya, pastikan kamu mengisi secukupnya.

 

  1. Lakukan proses pengisian tersebut hingga semua adonan benar-benar tidak tersisa.

 

  1. Jika sudah tidak ada lagi yang tersisa, tahap terakhir kukus dimsum ayam jamur

tersebut hingga benar-benar matang, kamu bisa mengukusnya kurang lebih 30 menit.

0 Komentar

Posting Komentar