Lebih Nikmat! Resep Tongseng Ayam Kampung Tanpa Santan

Bukan sembarang tongseng ayam, karena kali ini kita akan membagikan resep tongseng ayam kampung tanpa santan yang beda dari biasanya. Meski resep ini hampir sama dengan resep sebelumnya tapi karena bahan utamanya ayam kampung, sudah dapat dipastikan ada beberapa hal yang berbeda.


Resep tongseng ayam kampung ini bisa menjadi salah satu menu yang harus kamu dan keluarga coba, karena jika ayam biasanya rasanya tidak jauh berbeda, tapi dengan ayam kampung ini akan memberi rasa yang unik dan berbeda, berikut adalah resep tongseng ayam kampung tanpa santan.


Bahan-bahan:


- 800 gr ayam kampung ukuran sedang, potong sesuai selera

- 200 gr daun kol potong kasar

- 500 ml air


Bumbu Halus:


- 4 siung bawang putih

- 5 siung bawang merah

- 5 buah cabai rawit

- 1 sdt merica

- 1 sdt ketumbar

- 1 cm kunyit

- 1 cm jahe

- 4 butir kemiri


Bumbu Tambahan:


- 2 sdt garam

- 3 sdt gula

- 1 batang serai, memarkan

- 1 ruas lengkuas, memarkan

- 2 sdm kecap manis

- 1 batang daun bawang, iris

- 2 buah tomat hijau, iris


Cara membuat:


1. Langkah pertama, rebus ayam sebentar atau setengah matang. Kemudian, tumis bumbu halus hingga harum sambil masukkan daun jeruk, serai, daun salam, dan lengkuas.


2. Kedua, masukkan ayam yang sudah direbus ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan tambahkan gula serta garam. Masak hingga ayam menjadi empuk dan bumbu meresap.


3. Setelah ayam empuk, tambahkan kecap manis dan koreksi rasa sesuai selera kita.


4. Langkah berikutnya, masukkan daun kol dan cabai utuh. Masak hingga daun kol layu, lalu tambahkan daun bawang dan tomat. Aduk rata dan matikan api.


Nah diatas tadi adalah resep dan cara membuat tongseng ayam kampung tanpa santan, ya memang tidak banyak bedanya dengan resep tongseng ayam tanpa santan biasanya, tapi coba deh untuk kamu rasakan sendiri sensasi dari ayam kampung yang diolah menjado tongseng tanpa santan.

0 Komentar

Posting Komentar