Resep Ayam Goreng Ungkep Khas Sunda yang Bikin Nagih

Siapa sih yang ngga kangen dengan makanan atau masakan khas Sunda? Ya mungkin bagi yang belum pernah merasakannya akan biasa-biasa saja dan mungkin akan menganggap sama saja dengan masakan pada umumnya. Eitss jangan salah, masakan khas Sunda itu memang beneran bikin kangen bangeg loh, salah satu masakannya adalah Ayam Goreng Ungkep Khas Sunda yang diolah dengan kaya akan bumbu-bumbu dan didiamkan hingga berjam-jam supaya bumbunya meresap sampai kedalam sampai ketulang-tulangnya.


Apa kamu sudah penasaran dengan rasanya? Mau nyobain tapi kejauhan, tenang saja karena di resepfrozenfoodkita.com kali ini akan membagikan resep ayam goreng ungkep khas Sunda yang bisa kamu buat sendiri dirumah, langsung saja simak yuk ke bahan dan cara pengolahannya.

Resep Ayam Goreng


Berikut ini adalah bahan dan langkah-langkah untuk membuat ayam goreng ungkep khas Sunda yang bumbunya gurih, daging ayamnya lembut dan cocok banget dimakan bareng nasi anget.


Bahan-bahan yang dibutuhkan : 


- 2 kg ayam (potong-potong)

- 7 butir bawang putih

- 7 butir bawang merah

- 2 sdm ketumbar

- 5 butir kemiri

- 1 jempol kunyit

- 1 jempol jahe

- 1 jempol lengkuas

- 2 sdm garam

- 1 sdm kaldu bubuk

- 1 sdm gula pasir

- 1 sdt micin

- 60 ml santan

- 3 sdm minyak untuk menumis

- 3 btg serai

- Daun salam

- Daun jeruk

- Air secukupnya


Langkah-langkah membuat Ayam Goreng Ungkep Khas Sunda :


1. Blender atau uleklah bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, kunyit, jahe, serta tambahkan garam, gula, micin, santan, kaldu bubuk, dan air secukupnya. 


2. Panaskan wajan, lalu berikan hentakan ke dalamnya dengan bumbu halus yang telah tercipta. Biarkan aroma mewangi merayapi seisi dapur. Tambahkan sentuhan magis dari batang serai, daun salam, dan daun jeruk untuk menggelar pesta rasa yang tak terlupakan.


3. Begitu bumbu telah menyatu dalam perjalanan panasnya, masukkanlah potongan ayam yang telah menanti untuk terendam dalam gurihnya bumbu. Aduklah dengan lembut hingga seluruh ayam meresapi kelezatan bumbu. Jangan lupa, tuangkan air secukupnya hingga ayam terendam dalam pelukan kelezatan.


4. Biarkanlah kuahnya menggelegak dalam kehangatan, menyusut sedikit demi sedikit sambil sesekali diaduk untuk memastikan setiap serat daging ayam menjadi pesona rasa yang sempurna.


5. Ketika kuah telah mengental, dan bumbu telah meresap dalam setiap serat ayam dengan penuh kelembutan, diamkan selama dua jam. Kemudian ayam bisa di goreng dan siap disajikan.


Itulah resep ayam goreng ungkep khas Sunda yang akan buat lidah kamu bergoyang dan ketagihan, kelihatan simple dan mudah tapi membutuhkan ketelitian serta kesabaran, tapi dijamin deh untuk rasa akan sangat enak dan jangan lupa sajikan dengan nasi hangat dan sambel supaya makin poll nikmatnya.

0 Komentar

Posting Komentar