Resep Ayam Goreng Serundeng Kelapa Kriuk

Mau coba membuat ayam goreng serundeng kelapa yang kriuk-kriuk? Cocok banget karena kali ini resepfrozenfoodkita.com akan membagikan resep ayam goreng serundeng yang kriuk ketika digigit dan akan buat orang yang makan jadi ketagihan. 


Ga ada salahnya dong untuk para ibu-ibu dirumah untuk memberikan warna masakan baru terutama ayam goreng, supaya keluarga jadi makin betah untuk makan dirumah dan tentunya dengan makan dirumah bareng keluarga itu bikin tambah harmonis. Langsung saja yuk kita ke bahan dan langkah-langkah untuk membuat ayam goreng serundeng kelapa yang kriuk-kriuk.


Bahan-Bahan:


- 500 gram daging ayam, potong-potong

- 150 gram kelapa parut

- 3 lembar daun salam, sobek-sobek

- 1 batang serai, digeprek

- Air secukupnya

- Garam dan gula sesuai selera

- Minyak goreng


Bumbu yang Dihaluskan:


- 6 butir bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 4 butir kemiri

- 1 sendok makan ketumbar butiran

- 1 sendok teh merica butiran

- 2 cm jahe

- 1/2 ruas jari lengkuas

- 1/2 ruas jari kunyit


Langkah-langkah membuat ayam goreng serundeng:


1. Pertama-tama, kita mulai dengan menumis bumbu halus, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum dan matang di atas wajan. Biarkan aroma memikat merayu seluruh dapur!


2. Setelah bumbu matang, masukkan potongan daging ayam. Aduk sebentar lalu tambahkan air secukupnya hingga ayam terendam. Biarkan ayam diungkep dengan cinta, hingga air menyusut setengahnya. Barulah tambahkan gula dan garam sesuai selera, untuk memberi cita rasa yang pas.


3. Jangan terburu-buru! Sisihkan sedikit air ungkepan untuk kelapa parut. Setelah ayam selesai diungkep dengan penuh perhatian, gorenglah hingga kecokelatan. Tahan nafas sejenak, sambil menikmati aroma yang memikat!


4. Kemudian, campurkan kelapa parut ke dalam air ungkepan ayam yang telah disisihkan tadi. Aduk rata, lalu gorenglah dengan sedikit minyak hingga serundeng kecokelatan dan matang. Gunakan api kecil, biarkan kelapa parut menari dengan indahnya di atas wajan. Ketika sudah sempurna, tiriskan dengan lembut menggunakan tisu dapur. 


Itulah tadi resep ayam goreng serundeng kelapa yang kriuk-kriuk, masih ada banyak banget loh resep-resep yang wajib dicoba terutama untuk olahan ayam, supaya ayam yang dimasak ngga gitu-gitu aja. Tunggu artikel resep selanjutnya ya.

0 Komentar

Posting Komentar