Resep Ayam Goreng Kremes

Salah satu makanan yang banyak disukai adalah olahan ayam, ayam menjadi salah satu olahan yang memang banyak digemari baik anak-anak, dewasa, pria, wanita semua suka. Jika di artikel sebelumnya kita membagikan Resep Ayam Goreng ala Korea pedas manis, maka kali ini kita akan membagikan resep ayam goreng kremes yang juga sangat disukai banyak orang.


Untuk membuat ayam goreng kremes ini terbilang sederhana dan mudah, sudah sangat penasaran ingin mencobanya dirumah, langsung simak aja yu bahan dan cara membuat ayam goreng kremes.


Bahan:


- 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian


Bumbu Ungkep Utuh:


- 1 batang serai, geprek

- 3 lembar daun salam

- 3 lembar daun jeruk


Bumbu Ungkep Halus:


- 5 siung bawang putih

- 2 butir kemiri

- 1 sendok makan ketumbar

- 1 ruas jahe

- 1 ruas kunyit

- Garam dan penyedap secukupnya


Bumbu Kremesan:


- 4 sendok makan tepung beras

- 2 sendok makan tepung sagu

- 1 butir telur

- Bumbu ungkep yang masih tersisa


Langkah-langkah membuat ayam goreng kremes:


1. Pertama-tama, bersihkan ayam dengan cermat, lalu rebus hingga matang. Buang air rebusan dan bilas ayam dengan air bersih. Tiriskan.


2. Selanjutnya, tumis bumbu ungkep yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak. Tambahkan bumbu ungkep utuh seperti serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga harum, lalu matikan api. Biarkan aroma menghantui seluruh dapur!


3. Masukkan potongan ayam ke dalam wajan, dan campurkan dengan bumbu yang telah ditumis tadi. Tambahkan air secukupnya. Ungkep hingga daging ayam benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan sempurna.


4. Sekarang, mari kita buat kremesan yang akan menggoda selera. Campurkan semua bahan untuk kremesan, tambahkan sedikit air dan bumbu ungkep yang masih tersisa dari ayam. Pastikan adonan tidak terlalu kental, ya.


5. Goreng potongan ayam hingga berwarna kuning kecokelatan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.


6. Lanjutkan dengan membuat kremesan. Ambil satu sendok sayur adonan kremes, lalu goreng pada minyak panas hingga keemasan.


7. Setelah matang, taburkan kremesan di atas ayam yang telah digoreng. Siapkan piring saji, dan hidangkan sajian istimewa ini untuk keluarga tercinta dijamin deh pasti pada ketagihan.


0 Komentar

Posting Komentar