Resep Ayam Goreng Bawang Putih Gurih Nikmat

Jika ayam goreng ungkep mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan mungkin hampir setiap hari kita makan ayam goreng ungkep. Bisa dibilang ayam goreng ungkep juga tidak begitu praktis, tapi gimana jadinya kalau kali ini kita membuat ayam goreng yang sederhana, gurih dan pastinya bikin ketagihan. 


Ayam goreng bawang putih menjadi salah satu pilihan terbaik yang patut untuk dicoba, selain mudah dibuat dengan bumbu sederhana, tapi memberikan rasa yang sangat gurih dan lezat. Langsung simak saja yuk resep ayam goreng bawang putih yang gurih dan nikmat.


Bahan-bahan:

- 1 kg ayam, potong sesuai selera

- 2 sendok makan tepung maizena

- 2 bonggol bawang putih

- Minyak goreng secukupnya


Bumbu Marinasi:

- 10 siung bawang putih

- 6 siung bawang merah

- 2 sendok teh ketumbar

- 5 sendok makan air

- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

- 1 sendok teh merica bubuk

- 1 sendok makan garam


Langkah-langkah membuat ayam goreng bawang putih:


1. Pertama-tama, potong-potong ayam sesuai selera. Cuci bersih, lalu lumuri dengan perasan jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas kembali hingga bersih.


2. Geprek bawang putih, lalu rendam dalam air garam untuk memberikan sentuhan istimewa pada rasa.


3. Selanjutnya, haluskan bumbu marinasi menggunakan blender atau ulekan. Campurkan bumbu halus dengan 2 sendok makan tepung maizena untuk memberikan kesan renyah pada ayam.


4. Rendam potongan ayam dalam bumbu marinasi yang telah disiapkan selama 30 menit agar bumbu meresap sempurna. Sambil menunggu, panaskan minyak dalam wajan.


5. Setelah ayam direndam dengan bumbu, panaskan minyak dengan api sedang. Goreng potongan ayam hingga matang dan kecokelatan. 


6. Sambil menunggu ayam matang, goreng juga semua bawang putih yang telah di geprek hingga harum dan kecokelatan.


7. Angkat ayam dan bawang putih dari minyak panas, tiriskan untuk menghilangkan sisa minyak. Ayam goreng bawang putih siap disajikan bersama dengan bawang gorengnya yang gurih.


Nah itulah tadi resep sederhana ayam goreng bawang putih yang wajib dicoba untuk makan keluarga, meski sangat sederhana tapi dijamin deh rasanya gurih juara banget. Tunggu resep-resep masakan selanjutnya ya.

0 Komentar

Posting Komentar