Resep Jamur Goreng Renyah, Mudah Membuatnya!

Resep Jamur

Assalamualaikum… Selamat datang kembali di blog Resep Masakan Keluarga, Hari ini kami akan membagikan resep yang istimewa lengkap dengan cara membuatnya “Jamur Goreng Renyah”, Yang satu ini tentunya terjangkau karena tidak membutuhkan Telur, Susu atau Santan sebagai bahannya. 


Hmmm… Enak banget dan pasti bikin ketagihan… Pasti anak-anak kita pasti suka yang ini… Dan seperti biasa cocok untuk ide bisnis tentunya. Well Guys… Pasti kalian penasaran ingin tahu bagaimana cara membuatnya? LANGSUNG CEK SAJA.. 


BAHAN & PENGGUNAAN


Mari kita mulai dengan Bahan A, Yaitu : 500 gr Jamur Tiram, potong pangkal batangnya, suwir-suwir jamur untuk mendapatkan hasil yang lebih renyah, kemudian cuci bersih jamur dengan membilasnya di air mengalir hingga bersih, Nah, ‘mirip kembang kol’ saat mencuci jamur ini, terkadang kita bisa menemukan beberapa ulat kecil di atasnya jadi pastikan untuk menyingkirkan makhluk kecil yang mengganggu ini.


Nah untuk menghilangkan bau mentahnya, rendam ke dalam air hangat kurang lebih 4-5 menit, kemudian peras jamur secara perlahan untuk mengurangi kadar airnya, selanjutnya kita siapkan adonan coating atau Bahan B yang kita butuhkan adalah : 300 gr atau 20 sdm tepung roti.


Disini saya menggunakan merk cakra kembar, 75 gr atau 5 sdm, dari tepung jagung, anda pasti bebas memilih merek favorit anda, Oke kita  tuang, kemudian 50-60 gr, atau 3-4 sdm, dari tepung beras Putih, 9 gr atau setara dengan 1 sachet kaldu ayam instan.


Disini saya menggunakan merk royco 1 sendok teh, garam 1 sendok teh, lalu merica bubuk, aduk hingga rata, sekarang mari kita siapkan 'Bahan C' untuk Pencelupannya, yang kita butuhkan adalah: 3-4 sdm tepung, diambil dari 'Bahan B' sebelumnya, adonan pelapisnya 220 ml air dingin (satu gelas penuh), campur kedua bahan menjadi satu, aduk rata.


Adonan ini hanya perlu tekstur kental sedang saja, teksturnya juga tidak boleh terlalu kental dan terlalu encer, oke sekarang kita sudah siapkan semua bahannya, jadi sudah waktunya untuk menggoreng, panaskan minyak goreng secukupnya, sambil menunggu minyak panas, mari kita masukkan jamur ke dalam larutan celup dulu.


Pertama, aduk larutan celup, lalu ambil abon jamur secukupnya, lalu masukkan ke dalam larutan celup, kemudian gulingkan jamur ke dalam adonan coating sambil diremas pelan-pelan, silahkan diremas pelan-pelan saja, peras sedikit sambil dibalik agar terbungkus rata dengan tepung.


Setelah kita selesai melapisinya, segera goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang, pastikan untuk mengibaskannya untuk menghilangkan tepung yang lengket dan mencegahnya membuat minyak menjadi kram, nah teknik yang digunakan pada resep Jamur ini berbeda dengan resep Ayam Crispy, Kita hanya perlu mencelupkannya sekali saja untuk mendapatkan jamur yang gurih dan renyah.


Setelah kita memasukkan semua jamur, sekarang pindahkan panas ke High Heat, goreng terus sambil sesekali diaduk hingga teksturnya menjadi padat dan agak kering, setelah teksturnya menjadi padat, sekarang pindahkan panas ke Medium tapi agak low heat, goreng hingga warnanya berubah menjadi cokelat keemasan, sesekali diaduk agar tidak gosong.


Setelah warnanya berubah menjadi warna coklat keemasan, sekarang alihkan panas ke panas rendah, terus goreng agar renyah dan matang luar dalam, ok guys, setelah warnanya berubah menjadi coklat keemasan dan garing, berarti jamur renyahnya sudah matang. 


Angkat… Wah … Tampilannya terlihat renyah bukan…? Lalu tiriskan dengan baik, sekarang silahkan goreng sisanya dan selesaikan semuanya, pastikan juga untuk melakukan tahapan pelapisan dan pencelupan tepat setelah kita memanaskan minyak goreng, jadi tolong setelah kita selesai melapisi dan mencelupkan, segera goreng tanpa basa-basi lagi, karena jika kita jeda beberapa saat, tekstur Crispy Mushroom akan cenderung terlalu keras.


Terimakasih sudah membaca samapi selesai, semoga bermanfaat, semoga kalian enjoy tutorial hari ini, saya Resep Masakan Keluarga pamit, See you next time.. Wassalamualaikum wa rohmatullohi wa barokatuh.

0 Komentar

Posting Komentar